Kompas.com - 13/12/2021, 15:17 WIB
|

KOMPAS.com - Selama ini, kotoran sapi belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Padahal, kotoran sapi bisa menjadi sumber energi yakni biogas. Seperti yang dilakukan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Jember (Unej).

Mahasiswa Unej yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatekk) berhasil menerima dana hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi.

Melansir laman Unej, Senin (13/12/2021), program hibah tersebut dilaksanakan di desa Kemuning Lor Jember sebagai desa binaan yang dilatarbelakangi oleh banyaknya kotoran sapi di masyarakat yang masih belum dimanfaatkan secara maksimal.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Infused Water dari Rempah, Buah dan Sayur

Pelaksanaan PHP2D yang diketuai oleh Diana Fitriati (Teknik Kimia 2018) serta beranggotakan Mohammad Nazarudin Ali (Teknik Kimia 2018), I Made Arimbawa (Teknik Kimia 2018), Filial Ahliana Rahmaniyah (Teknik Kimia 2018), Nurtsulutsiyah (Teknik Kimia 2018).

Ada juga Hidayatullah (Teknik Kimia 2018), Adelia Rosalina (Teknik Kimia 2018), Mohammad Abdul Aziz Fajar (Teknik Kimia 2018), Tri Dwinanda Nursoliha (Teknik Kimia 2018), Zakia Ainun Salsabila (Teknik Kimia 2018), Susilowati (Teknik Kimia 2019), Achri Isnan Khamil (Teknik Kimia 2019), Rekha Aliyya Isma (Teknik Kimia 2019).

Juga Hesti Lipuring Tyas (Teknik Kimia 2019), Mohammad Nashir Idham Kholid (Teknik Kimia 2019), serta dibimbing oleh Ibu Rizki Fitria Darmayanti, S.T., M.Sc., Ph.D.

Diharapkan kegiatan ini mampu menumbuhkan rasa peduli dan kontribusi mahasiswa kepada masyarakat desa sebagai bentuk nyata dalam membantu mewujudkan program pemerintah yaitu SDGs Desa.

Baca juga: Siswa dan Mahasiswa, Ini Lho Pentingnya Cukup Tidur

Kegiatan PHP2D di Desa Kemuning Lor Jember berlangsung dari Agustus hingga November 2021 kurang lebih 4 bulan berjalan yang telah melewati beberapa proses yakni:

1. survey awal

2. sosialisasi edukasi mengenai biogas

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.