Kompas.com - 13/12/2021, 21:17 WIB

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta kembali mengukuhkan guru besar, kali ini berasal dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dan Fakultas Ekonomi. Ada tiga guru besar baru UNJ yang dikukuhkan pada Senin, 12 Desember 2021 di Kampus A UNJ, Jakarta.

Pada kesempatan ini, terdapat tiga guru besar yang dikukuhkan, yakni:

  • Prof. Muchlas Suseno, Guru Besar Bidang Ilmu Evaluasi Pendidikan (Fakultas Bahasa dan Seni)
  • Prof. Cory Yohana, Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan (Fakultas Ekonomi)
  • Prof. Siti Nurjanah, Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen (Fakultas Ekonomi)

Acara pengukuhan tiga Guru Besar UNJ ini dilaksanakan secara terbatas untuk yang luring dan diadakan secara hybrid.

Untuk tamu dan keluarga yang hadir secara luring diwajibkan tes swab dan menerapkan protokol secara ketat. Sementara untuk yang daring disiarkan lewat kanal YouTube Edura TV.

Rektor UNJ, Prof. Komarudin menyampaikan ucapan selamat kepada tiga guru besar atas kontribusi keilmuan dan pencapaian jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan.

"Semoga segala capaian yang telah kita raih saat ini menjadi kemaslahatan bagi Universitas Negeri Jakarta dalam mengemban misi pendidikan di negeri ini," ujar Prof. Komarudin.

“Itulah sumbangsih dari ketiga guru besar yang dikukuhkan hari ini. Sedangkan apa yang kita rencanakan, mudah-mudahan Allah SWT memberikan jalan lapang bagi kita dalam merealisiasikan seluruh harapan tersebut, khususnya dalam mewujudkan UNJ sebagai kampus yang bereputasi di kawasan Asia. Amin,” harap Prof. Komarudin menutup sambutannya.

Baca juga: Rektor Unair: Riset Guru Besar Harus Ditindaklanjuti Menjadi Produk

Orasi ilmiah tiga guru besar

Kesempatan pertama orasi guru besar disampaikan Prof. Muchlas Suseno dengan judul “Literasi Asesmen Bahasa: Urgensi dan Implikasinya pada Pemberdayaan Guru Bahasa Inggris".

Dalam paparannya Prof. Muchlas menjelaskan, sejalan dengan transisi metodologi pengajaran bahasa dari metodologi lama yang menekankan pada pengetahuan struktural ke metodologi baru yang berfokus pada keterampilan komunikasi, maka asesmen Bahasa harus berubah.

Oleh karena itu, menurutnya penting mengetengahkan literasi asesmen Bahasa bagi guru Bahasa Inggris. Literasi Asesmen Bahasa (LAB) mencakup tiga komponen penting yaitu: (1) pengetahuan, (2) keterampilan, dan (3) prinsip-prinsip yang mendasari LAB.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.