Kompas.com - 14/12/2021, 17:17 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Untuk menambah pengalaman para siswa, SMA Bopkri 1 Yogyakarta (Bosa) menjalin kerja sama dengan Adelaide International School, Australia. Melalui kerja sama ini, siswa Bosa bisa merasakan pendidikan di luar negeri.

Menurut Kepala Sekolah Bosa Yogyakarta Sartana, salah satu siswa yang sudah lulus Bosa-AIS Educational Program adalah Nicholas Patrick Adrianto.

"Nicholas adalah siswa angkatan pertama yang lulus dari program ini dan akan mendapatkan dua ijazah sekaligus," ungkap Sartana kepada Kompas.com, Selasa (14/12/2021).

Sartana mengungkapkan, siswa yang mengikuti program ini berkesempatan memiliki ijazah nasional yang dapat digunakan untuk melanjutkan kuliah di Indonesia.

Baca juga: Sejak Kapan Rempah Dipakai Rakyat Indonesia? Ini Penjelasan Pakar IPB

Bisa meraih dua ijazah sekaligus

Selain itu juga bisa memperoleh ijazah Australia yang dapat digunakan untuk melanjutkan kuliah di berbagai kampus ternama di seluruh dunia.

Sartana mengatakan, program ini mulai dilaksanakan pada tahun 2020. Walau di tengah pandemi Covid-19, namun peminat program ini terus ada.

Bahkan saat ini sudah ada calon siswa yang mendaftar untuk tahun pelajaran 2022-2023 yang baru akan dimulai tahun depan. Sartana menjelaskan, banyak keuntungan bagi para siswa yang mengikuti program ini. Salah satunya adalah bisa memiliki pengalaman belajar di luar negeri.

"Selain itu siswa juga bisa mendapat pelayanan akademis dari 2 sekolah, Bosa dan AIS untuk mempersiapkan peserta didik kuliah di luar negeri," ungkap Sartana.

Baca juga: Ini Hasil Riset Ilmuwan Berpengaruh Dunia dari Telkom University

Mempermudah kuliah di luar negeri

Program ini juga memberi siswa kesempatan memiliki jalur cepat menuju perguruan tinggi di luar negeri tanpa foundation. Sehingga lebih hemat waktu dan biaya.

Nicholas Patrick Adrianto yang merupakan siswa angkatan pertama program ini sebenarnya berangkat ke Australia Februari 2021 silam. Namun karena pandemi Covid-19, Nicholas Patrick Adrianto masih di Indonesia, dan akan melanjutkan kuliah di Perth pada bulan Maret 2022 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.