Kompas.com - 14/12/2021, 11:56 WIB
|

KOMPAS.com - Memiliki tubuh ideal pasti jadi impian setiap orang. Tapi, bagaimana jika tubuh gemuk. Apakah bisa berat badan turun dan menjadi kurus?

Sebenarnya, ideal atau tidaknya berat badan kita sebagian besar ditentukan oleh jumlah energi yang masuk (intake) dan energi yang keluar (output) yang digambarkan dalam bentuk kalori.

Energi yang masuk didapatkan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, sedangkan energi yang keluar adalah energi yang dibutuhkan untuk metabolisme basal (menjalankan fungsi organ tubuh), pencernaan, dan aktivitas fisik.

Baca juga: 12 Tips Meredakan Sakit Kepala dari Universitas Nasional

Lemak “jelly” di tubuhmu adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh lebih banyaknya energi yang masuk ke dalam tubuhmu (dari makanan) dibandingkan dengan energi yang keluar (untuk metabolisme basal + pencernaan + aktivitas fisik).

Pada dasarnya, cara menurunkan berat badan perlu dilakukan melalui tiga cara yang sangat umum, yakni:

  • Mengurangi asupan energi
  • Meningkatkan aktivitas fisik
  • Mengubah perilaku makan yang salah

Permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar orang yang berusaha menurunkan berat badan adalah mereka menginginkan hasil yang instan.

Tapi perlu disadari bahwa setiap cerita sukses dalam menurunkan berat badan berawal dari kerja keras, komitmen, dan kesabaran.

Tips menurunkan berat badan

Melansir laman Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), ini tips menurunkan berat badan:

Dianjurkan turun 0,5 kg per minggu

Penurunan berat badan yang dianjurkan adalah 0,5 kg per minggu. Penurunan berat badan yang drastis tidak disarankan untuk kesehatan. Ingat, bahwa segala sesuatu yang instan biasanya tidak berujung baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa diet dengan cara “mengurangi asupan lemak dan meningkatkan asupan serat” adalah pilihan diet terbaik untuk mengurangi berat badan dalam jangka waktu yang panjang, dibandingkan dengan jenis-jenis diet lainnya yang dipopulerkan oleh selebgram idamanmu.

Baca juga: Cara Mencegah Flu pada Anak dari Stikes Panti Kosala

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.