Kompas.com - 16/12/2021, 07:00 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menjelang Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), calon mahasiswa harus menentukan jurusan kuliah.

Di jenjang perguruan tinggi, banyak sekali jurusan yang bisa kamu pilih, baik dari rumpun Saintek maupun Soshum. Bagi kamu yang ingin lebih jauh tentang sejarah, jurusan yang satu ini bisa kamu pilih lho.

Ilmu Arkeologi mengkaji kehidupan manusia serta kebudayaan di masa lampau. Teknik penelitian yang dilakukan adalah melalui survei dan penggalian atau ekskavasi.

Para arkeologi ahli inilah yang berperan menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah dari masa lalu.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun Dorong Optimalisasi PTM

Melansir dari laman Ruang Guru, Rabu (15/12/2021), jurusan ini banyak mengkaji kehidupan dan kebudayaan kuno di masa lalu lewat benda peninggalannya. Selama berkuliah, mahasiswa jurusan Arkeologi akan mempelajari budaya manusia dari berbagai zaman dengan menggabungkan ilmu sejarah dan ilmu geologi.

Mata kuliah jurusan Arkeologi

Mahasiswa jurusan Arkeologi akan banyak belajar tentang sejarah-sejarah kebudayaan dari berbagai jenis benda peninggalan masa lalu. Seperti peralatan rumah tangga, patung, prasasti, serta lukisan dan pahatan yang tertinggal di berbagai tempat.

Mahasiswa akan banyak menganalisis tentang peristiwa di masa lalu, seperti mempelajari artefak, mengkaji peninggalan purbakala. Hingga mengira-ngira berapa usia artefak yang ada.

Tak hanya mempelajari sejarah budaya dari berbagai benda peninggalan masa lalu, di jurusan ini juga belajar menganalisis artefak. Kamu akan diajarkan bagaimana cara meneliti fakta sejarah di balik artefak, menaksir umur artefak, melakukan ekskavasi artefak purbakala, hingga mempelajari pengorganisasian museum. 

Baca juga: Intip Kisah Alumnus IPB, Sukses Jadi Wirausaha dari Budidaya Maggot

Dilansir dari ugm.ac.id, mahasiswa jurusan Arkeologi akan mendapat mata kuliah seru seperti Pengantar Arkeologi, Arkeologi Prasejarah, Akeologi Arsitektur, Ikonografi, Peradaban Kuno, Paleoantropologi, Epigrafi Indonesia, Keramologi, Kuratorial Museum, Rancang Pameran, Metode Ekskavasi, dan masih banyak lagi.

Prospek kerja jurusan Arkeologi

1. Arkeolog

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.