Kompas.com - 17/12/2021, 12:15 WIB
|

KOMPAS.com - Sebentar lagi sudah memasuki 2022. Bagi siswa kelas 12 SMA/MA/SMK yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi maka harus melakukan persiapan.

Terlebih yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN), saat ini Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 prosesnya telah dimulai.

Ini karena Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah melaksanakan Sosialisasi Daring Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun 2022, Minggu (12/12/2021).

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 PTN Penerima Terbanyak di SNMPTN 2021

Namun sebelumnya, calon mahasiswa harus segera menentukan jurusan kuliah yang akan diambil. Jurusan kuliah itu tentu harus disesuaikan dengan minat dan bakat.

Bagi yang tertarik dengan Jurusan Metalurgi, maka harus paham seperti apa jurusan kuliah itu hingga prospek kerjanya nanti.

Jurusan Teknik Metalurgi

Melansir laman Institut Teknologi Bandung (ITB), pada proses perkuliahannya di Program Studi Teknik Metalurgi, maka nantinya akan belajar mengenai berbagai hal yang menarik.

Sehingga setelah lulus dari program studi ini, calon mahasiswa akan memiliki pengetahuan tentang:

1. Memisahkan mineral berharga dari mineral pengotornya di dalam bijih hasil penambangan agar siap untuk diekstraksi secara teknis dan ekonomis. Termasuk dalam proses tersebut misalnya pencucian batubara, pengambilan logam berharga dan memurnikannya menjadi logam murni, misalnya emas, perak, timah, tembaga, aluminium.

2. Memadukan logam dengan unsur lain membentuk paduan logam, misalnya baja, besi cor, paduan aluminium, kuningan, paduan nikel, superalloy.

Baca juga: 12 Tahapan SNMPTN 2022

3. Pembentukan logam serta memperbaiki struktur mikro paduan logam melalui perlakuan panas untuk mendapatkan sifat-sifat yang diperlukan dalam aplikasi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.