Kompas.com - 24/12/2021, 12:28 WIB
FIB Undip Dok. UndipFIB Undip

KOMPAS.com - Program Studi (Prodi) S1 Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro (Undip) berhasil lolos penilaian akreditasi internasional dari Foundation for International Business Adminitration Accreditation (FIBAA).

Capaian ini memantapkan Prodi S1 Sastra Indonesia FIB Undip untuk Go International.

Hal tersebut disampaikan Dekan FIB Undip, Nurhayati. Ia mengatakan perolehan tersebut menjadi bukti bahwa FIB Undip memiliki kualifikasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Mengingat untuk lolos dari penilaian FIBAA tidaklah mudah.

FIBAA sendiri merupakan lembaga akreditasi internasional yang berpusat di Jerman, yang terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk penjaminan dan pengembangan kualitas dalam pendidikan tinggi.

Baca juga: Jurusan-jurusan Kuliah di ITB yang Terakreditasi Internasional

Dengan akreditasi Internasional ini, pihaknya bertekad secara bersama-sama dengan seluruh elemen membawa FIB Undip menjadi fakultas riset yang unggul di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Tekad tersebut sekaligus sebagai penegasan mendukung Undip di jajaran World Class University (WCU).

"FIB Undip berkomitmen memperkuat visinya, yakni menjadi fakultas riset yang unggul di Asia Tenggara pada tahun 2025 dalam bidang kebudayaan yang meliputi sastra, bahasa, sejarah, antropologi, perpustakaan, filsafat, dan kearsipan," ujarnya seperti dirangkum dari laman Undip, Jumat (24/12/2021).

Keunggulan Prodi Sastra Indonesia Undip

Sementara itu, Ketua Prodi Sastra Indonesia FIB Undip, Sukarjo Waluyo mengatakan raihan akreditasi ini membuat prodi S1 Sastra Indonesia berkesempatan untuk makin berinteraksi dan berkiprah di tingkat Internasional.

Baca juga: 5 Beasiswa S1 yang Buka Januari 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Terutama, lanjut dia, terkait dengan program yang Prodi S1 Sastra Indonesia miliki, yakni mata kuliah BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing).

"Di mana program ini sudah berlangsung puluhan tahun, dan tiap tahun kami menerima mahasiswa asing (dari luar negeri)," jelasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.