Kompas.com - 28/12/2021, 09:16 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini, perundungan atau bullying masih sering ditemukan di lingkungan sekolah. Karena itu, perilaku ini perlu menjadi perhatian khusus oleh banyak pihak.

Maka, dibutuhkan solusi untuk mengatasi kasus perundungan. Berbagai hal terus dilakukan, seperti halnya Pemerintah Indonesia juga terus melakukan upaya-upaya penanggulangan tindak perundungan di sekolah.

Salah satunya adalah dengan menggandeng UNICEF Indonesia untuk bersama-sama membentuk program “Roots”.

Baca juga: Jelang Pendaftaran SNMPTN 2022, Sekolah dan Siswa Harus Bersiap Diri

Roots adalah sebuah program pencegahan perundungan berbasis sekolah yang telah telah dikembangkan oleh UNICEF Indonesia sejak 2017 bersama Pemerintah Indonesia, akademisi, serta praktisi pendidikan dan perlindungan anak.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Senin (27/12/2021), fokus dari program ini adalah mengatasi perundungan di sekolah dengan melibatkan teman sebaya.

Beberapa siswa yang memiliki pengaruh terhadap teman-teman di sekolahnya akan dibentuk menjadi agen perubahan yang dapat membawa dampak positif terhadap tindak perundungan.

Berikut ini adalah detail dari program Roots:

1. Melakukan survei

Pada tahap awal dari program Roots adalah melakukan survei terhadap para peserta didik dan juga guru seputar perundungan di lingkungan sekolahnya.

Mereka diberikan pertanyaan-pertanyaan simpel mengenai perundungan seperti pernahkan melakukan perundungan, pernahkah menjadi korban perundungan, apa yang dilakukan ketika melihat perundungan, dan sebagainya.

Adapun survei dilakukan secara anonim agar identitas responden tetap terjaga rahasianya. Dengan dilakukan survei, nantinya bisa diketahui data terkait perundungan yang dapat dijadikan landasan pemetaan tindakan selanjutnya.

Baca juga: Komisi X DPR: Siswa SMK Harus Mampu Ciptakan Usaha Baru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.