Kompas.com - 29/12/2021, 11:20 WIB

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan menjadi kesempatan yang berharga untuk membangun fondasi karier. Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan sampai ke tingkat diploma maupun sarjana.

Itulah mengapa, ketika kamu akan berstatus sebagai mahasiswa, merencanakan masa depanmu perlu dilakukan secara matang. Salah satunya dengan memilih jurusan yang tepat dan cocok dengan kemampuan yang kamu miliki.

Untuk bisa memilih jurusan yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal. Apakah sesuai dengan minat dan bakatmu? Apakah prospek kariernya menjanjikan? Bagaimana tingkat persaingannya?

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI, Calon Mahasiswa Cek

Sebagai referensi untuk membantu kamu menemukan jurusan yang tepat saat kuliah nanti, melansir Quipper Campus, ada sepuluh daftar bidang keilmuan sosial yang bergengsi dan menjadi pilihan favorit anak IPS.

1. Psikologi

Bisa dibilang Jurusan Psikologi adalah "jurusan kedokterannya" anak IPS. Setelah lulus S1, kamu bisa melanjutkan ke jenjang S2 profesi dan menjadi seorang psikolog untuk membuka praktik konsultasi secara mandiri.

Di sejumlah kampus, jurusan Psikologi masuk dalam ranah IPA, sehingga kamu perlu mencermati kampus mana saja dengan jurusan Psikologi IPS.

Bagaimana kalau kamu hanya lulus S1 Psikologi saja? Tidak perlu cemas karena kamu bisa bekerja sebagai staf HRD di perusahaan dari berbagai bidang industri, mulai dari pendidikan, kesehatan, pariwisata, manufaktur, dan lain-lain. Di jurusan ini, kamu bisa memilih konsentrasi ilmu Psikologi Industri, Klinis, Anak, dan Perkembangan.

Baca juga: 7 Kampus Jurusan Ilmu Sosial Terbaik Indonesia 2022 Versi THE

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep komunikasi yang disampaikan melalui media visual seperti gambar, foto dan bentuk rupa lainnya. Seperti membuat desain logo, gambar, dan media visual lainnya sebagai sarana promosi dan informasi.

Media visual tersebut digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi tertentu atau mempersuasi (mempengaruhi) orang.

Jurusan yang satu ini makin diminati sejak majunya era digital. Kamu bisa menjalani profesi sebagai seorang animator, ahli multimedia, desainer grafis, dan sebagainya di berbagai institusi baik di perusahaan swasta, juga pemerintahan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.