Kompas.com - 31/12/2021, 16:05 WIB
Ilustrasi teknologi informasi digital freepik.com/rawpixel.comIlustrasi teknologi informasi digital
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Generasi Z atau generasi yang lahir di tahun 2000-an cenderung lebih melek teknologi dibanding generasi sebelumnya.

Apalagi saat ini teknologi digital makin berkembang dengan desain dan teknologi interaktif yang makin lekat di masyarakat.

Profesi User Interface (UI) Designer dan User Experience (UX) Designer saat ini jadi makin populer bagi kalangan anak muda. Jika kamu tertarik mendalami bidang teknologi informasi, profesi ini bisa menjadi pilihan lho. Tapi sebelumnya, yuk kenali lebih jauh apa itu profesi UI Designer dan UX Designer.

Baca juga: Siswa, Ini Lho 3 Suku Asli Indonesia Bermata Biru Seperti Bule

Pengertian User Experience (UX) dan User Interface (UI)

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Jumat (31/12/2021), meski kerap digunakan bersamaan, istilah UI dan UX designer adalah dua hal yang berbeda.

Dalam pengembangan website dan aplikasi, User Interface (UI) dan User Experience (UX) memang berkaitan. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara keduanya.

User Experience (UX) merupakan proses mendesain produk agar pengguna mendapatkan pengalaman yang baik saat menggunakannya. UX yang menentukan bagaimana sebuah produk memiliki tampilan dan cara kerja sesuai dengan target pengguna. 

UX mengacu pada komponen-komponen produk secara keseluruhan agar pengguna jadi mudah dan nyaman saat menggunakannya. UX yang baik memiliki fitur dengan tampilan menarik serta mudah digunakan. Cakupan UX meliputi tampilan visual, struktur desain, sistem navigasi, serta aspek interaksi dengan pengguna (User Interface).

Baca juga: Ini 6 Tips Menabung bagi Siswa

User Interface merupakan bagian dari User Experience. Apabila UX mencakup keseluruhan aspek suatu produk yang berpengaruh pada pengalaman pengguna saat mengaksesnya, maka UI hanya berkaitan dengan interface atau tampilan visualnya.

Misalnya, pemilihan huruf (typography), pemilihan warna, hingga layout dan komponen interaktif lainnya harus ditata dengan bagus.

Perbedaan User Experience (UX) dan User Interface (UI)

Berikut ini beberapa perbedaan mendasar antara UI dan UX dalam beberapa aspek:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.