Kompas.com - 29/12/2021, 12:12 WIB
. Shutterstock.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kamu pasti pernah mendengar peribahasa hemat pangkal kaya. Kalimat tersebut tentu masih berlaku hingga sekarang.

Namun bagi generasi muda era sekarang, berhemat bisa saja menjadi tantangan yang cukup sulit. Apalagi di tengah banyaknya kegiatan yang harus diikuti. Atau sekedar bertemu dengan teman di suatu kafe.

Hal itu tentu harus mengeluarkan dana tak sedikit. Bagi siswa atau mahasiswa yang hanya mengandalkan uang saku dari orangtua harus bijaksana menggunakan uangnya.

Selain mengandalkan uang saku dari orangtua, kamu juga bisa lho menghasilkan uang sendiri dengan cara merintis bisnis kecil-kecilan.

Baca juga: Siswa, Ini 3 Kebudayaan Asli Indonesia yang Masuk Daftar UNESCO

Tips menabung bagi siswa

Jika kamu yang sudah punya niat dan keinginan untuk menabung namun uangnya justru terpakai terus, ada tips menabung bagi siswa yang bisa dipraktikkan di rumah.

Merangkum dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat, Rabu (29/12/2021), ada beberapa tips bagi siswa agar bisa menabung. Yuk simak tips berikut ini.

1. Sisihkan uang jajan.

2. Kurangi nongkrong atau jajan yang tidak perlu.

3. Bijak belanjakan uang.

4. Jangan sepelekan uang receh.

Baca juga: Ini 6 Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia, Siswa Yuk Belajar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.