Kompas.com - 31/12/2021, 17:39 WIB
Ragam jenis flora dan fauna yang ada di Papua. Tangkap layar laman Direktorat SMP Kemendikbud RistekRagam jenis flora dan fauna yang ada di Papua.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Indonesia dikenal dengan keanekaragaman hayatinya. Hal ini juga menjadi daya tarik Indonesia di mata dunia.

Persebaran flora dan fauna di Indonesia ini juga dipengaruhi sejumlah faktor, yakni iklim edafik, fisiografis, dan biotik.

Untuk mengenal kekayaan flora dan fauna di Indonesia, kamu perlu tahu bahwa pembagian kawasan flora dibedakan menjadi Paparan Sunda, Paparan Sahul, dan peralihan.

Sedangkan kawasan fauna terbagi menjadi bagian barat/asiatis, timur/australis, dan peralihan/asia-australis

Seperti di Indonesia bagian timur tepatnya di pulau Papua juga memiliki berbagai flora dan fauna yang unik dan menarik.

Baca juga: Siswa, Ini Lho 3 Suku Asli Indonesia Bermata Biru Seperti Bule

Merangkum dari laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Jumat (31/12/2021), Papua juga memiliki beberapa flora dan fauna endemik yang begitu unik.

Mulai dari burung, bunga, sampai dengan buah-buahan khas.

Kekayaan flora dan fauna di tanah Papua ini tentu melengkapi daya tarik pariwisata. Mau tahu apa saja flora dan fauna yang terdapat di Papua? Yuk, simak daftar berikut ini.

1. Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih merupakan salah satu burung endemik tanah Papua. Untuk melihat Burung Cendrawasih, kamu dapat berkunjung ke lokasi pengamatan di Wisata Alam Bird of Paradise di Kampung Tablasupa, Distrik Depapre, dan Bird Watching Isyo Hill di Kampung Rhepang Muaif, Distrik Nimbokrang.

Burung-burung Cendrawasih bisa dilihat pada pada pagi hari sekitar pukul 05.00 WIT hingga 09.00 WIT dan sore hari sekitar pukul 15.00 WIT sampai saat matahari terbenam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.