Kompas.com - 02/01/2022, 16:45 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini banyak bisnis yang dirintis oleh para generasi muda. Meski masih berusia belia, banyak tokoh yang berhasil mengembangkan bisnisnya.

Bagi mahasiswa yang tertarik terjun ke dunia bisnis, ada beberapa ide yang bisa kamu tekuni dengan modal sedikit.

Meski tidak perlu mengeluarkan modal banyak, kamu tetap harus menjunjung etos kerja, keinginan yang kuat, serta gigih dan tekun menjalankan bisnis itu sendiri.

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Minggu (2/1/2021), ada ide bisnis yang bisa digeluti mahasiswa dengan modal tidak terlalu banyak. Yuk simak ide bisnis apa saja yang bisa dicoba?

Baca juga: Orangtua Wajib Tahu, Ini Bahaya Kecanduan Internet pada Anak

Social media management

Tak dipungkiri saat ini semua pelaku bisnis dituntut bermigrasi ke internet marketing. Salah satu kanal internet marketing yang paling banyak dipakai adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube bahkan Tiktok.

Namun para pemilik usaha ini yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola akun media sosial sendiri sehingga mereka membutuhkan tim khusus. Hal ini menjadi peluang bisnis bagi kamu untuk menawarkan jasa sebagai social media manager.

Sebagai social media manager, tugasmu adalah untuk membangun kesadaran brand, membuat dan membagikan konten, serta berinteraksi dengan followers. Menariknya, bisnis ini bisa kamu lakukan secara online dan tanpa modal sama sekali.

Melihat maraknya penggunaan media sosial sebagai ladang marketing, prospek bisnis ini cukup menjanjikan ke depannya.

Baca juga: PT Petrosea Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMK, D4/S1, Cek Infonya

Fotografi

Jika dulu jasa fotografi memerlukan peralatan fotografi profesional berbanderol jutaan rupiah, kini kamu bisa menjual foto yang dijepret dengan kamera ponsel. Hasil jepretan ini bisa kamu jual di microstock seperti ShutterStock, Pixabay, dan lain-lain. Kamu akan mendapatkan komisi setiap kali fotomu diunduh dari platform tersebut.

Selain menjual foto melalui platform microstock, kamu juga bisa menawarkan jasa fotografi produk untuk pelaku usaha. Saat ini banyak pelaku usaha yang membutuhkan foto produk untuk diposting di akun media sosial mereka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.