Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter RSND Undip Bagikan Tips Cantik di Segala Usia Tanpa Operasi

Kompas.com - 02/01/2022, 16:02 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perempuan diciptakan Tuhan dengan kecantikan yang berbeda-beda. Untuk menjaga agar wajah tetap sehat dan terawat tentu membutuhkan usaha.

Seperti perawatan rutin hingga penggunaan produk skincare. Tak hanya itu, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga agar kulit tetap terlihat sehat, seperti banyak minum air putih hingga makan sayur dan buah.

Tapi untuk mendapatkan kecantikan di segala usia juga bukan hal mudah. Untuk tetap cantik di usia yang tak lagi muda, sebagian orang bahkan memilih jalan seperti melakukan operasi.

Namun untuk menjaga agar wajah tetap sehat bisa terlihat cantik sepanjang usia bisa dilakukan dengan menerapkan beauty lifestyle.

"Cantik itu relatif, yang penting kalau dilihat tampak segar dan orang melihatnya menjadi senang," kata dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Universitas Diponegoro (Undip) Renni Yuniati seperti dikutip dari laman Undip, Minggu (2/1/2022).

Baca juga: Webinar Unpad: Ini Alasan Wayang Golek Makin Diperhatikan Masyarakat

Faktor yang mempengaruhi proses penuaan

Menurut Renni, proses yang tidak bisa dihindari manusia adalah proses penuaan. Dia menjelaskan, menua terjadi akibat proses sel-selnya alami mengalami penurunan fungsi sesuai dengan usianya.

Namun ada faktor luar dan dalam yang mempercepat penuaan. Salah satunya adalah paparan matahari atau sering terpapar matahari secara langsung.

"Hal ini akan menyebabkan terjadinya peradangan atau terpapar radiasi yang luar biasa ke tubuh manusia sehingga tidak hanya kulit tetapi sel-sel tubuh bagian dalam," beber Renni.

Dia menambahkan, faktor polusi juga berpengaruh. Misalnya saat berada di jalan raya atau area-area pabrik yang terdapat polusi udara.

Baca juga: Tim Unair Bikin Bahan Bakar Ramah Lingkungan Gunakan Minyak Ini

Selain itu pola hidup yang dijalani seseorang juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Dimana gaya hidup sehat sangat dibutuhkan. Misalnya dengan tidur cukup, karena istirahat berkualitas akan mendapatkan proses pertumbuhan sel maksimal.

Sementara perawatan kulit secara instan akan berefek dalam waktu hitungan 3 sampai 5 tahun dan berdampak lebih buruk karena obat racikan yang dioleskan.

Terapkan beauty lifestyle 

Renni mengungkapkan, ada beauty lifestyle yang bisa diterapkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat. Yakni dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti:

1. Tidur cukup.

2. Makan protein tinggi.

3. Banyak mengonsumsi bahan-bahan yang bisa memudakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com