Kompas.com - 02/01/2022, 16:02 WIB
|

KOMPAS.com - Perempuan diciptakan Tuhan dengan kecantikan yang berbeda-beda. Untuk menjaga agar wajah tetap sehat dan terawat tentu membutuhkan usaha.

Seperti perawatan rutin hingga penggunaan produk skincare. Tak hanya itu, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga agar kulit tetap terlihat sehat, seperti banyak minum air putih hingga makan sayur dan buah.

Tapi untuk mendapatkan kecantikan di segala usia juga bukan hal mudah. Untuk tetap cantik di usia yang tak lagi muda, sebagian orang bahkan memilih jalan seperti melakukan operasi.

Namun untuk menjaga agar wajah tetap sehat bisa terlihat cantik sepanjang usia bisa dilakukan dengan menerapkan beauty lifestyle.

"Cantik itu relatif, yang penting kalau dilihat tampak segar dan orang melihatnya menjadi senang," kata dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Universitas Diponegoro (Undip) Renni Yuniati seperti dikutip dari laman Undip, Minggu (2/1/2022).

Baca juga: Webinar Unpad: Ini Alasan Wayang Golek Makin Diperhatikan Masyarakat

Faktor yang mempengaruhi proses penuaan

Menurut Renni, proses yang tidak bisa dihindari manusia adalah proses penuaan. Dia menjelaskan, menua terjadi akibat proses sel-selnya alami mengalami penurunan fungsi sesuai dengan usianya.

Namun ada faktor luar dan dalam yang mempercepat penuaan. Salah satunya adalah paparan matahari atau sering terpapar matahari secara langsung.

"Hal ini akan menyebabkan terjadinya peradangan atau terpapar radiasi yang luar biasa ke tubuh manusia sehingga tidak hanya kulit tetapi sel-sel tubuh bagian dalam," beber Renni.

Dia menambahkan, faktor polusi juga berpengaruh. Misalnya saat berada di jalan raya atau area-area pabrik yang terdapat polusi udara.

Baca juga: Tim Unair Bikin Bahan Bakar Ramah Lingkungan Gunakan Minyak Ini

Selain itu pola hidup yang dijalani seseorang juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Dimana gaya hidup sehat sangat dibutuhkan. Misalnya dengan tidur cukup, karena istirahat berkualitas akan mendapatkan proses pertumbuhan sel maksimal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.