Kompas.com - 05/01/2022, 19:09 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Di era saat ini, berinvestasi tidak hanya perlu dilakukan oleh orang-orang yang sudah bekerja atau berkeluarga.

Bahkan generasi muda didorong bisa belajar berinvestasi sejak dini. Berinvestasi dalam hal ini, tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Namun bisa melakukan investasi dengan dana yang tersedia.

Apalagi di era digital, banyal platform investasi legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bisa digunakan.

Untuk memberikan edukasi terkait pengelolaan keuangan bagi anak muda, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) bersama Kantor Perwakilan Bank Mandiri Purwokerto acara Webinar Bijak Atur Uang Bersama Bank Mandiri.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Begini Cara Membuat Akun LTMPT 2022

Dalam webinar ini hadir sebagai pembicara Edi Hargiyanto, selaku Area Head Bank Mandiri Purwokerto. Serta Wahyu Adhi Natalia, selalu Mandiri Manajemen Investasi.

Wahyu Adhi Natalia menekankan pentingnya cara mengelola keuangan dengan baik. Dia juga memberikan pandangannya agar dapat mengatur keuangan.

"Hal ini (mengatur keuangan) sangat diperlukan mengingat tantangan keuangan akan selalu datang silih berganti," kata Wahyu Adhi Natalia seperti dikutip dari laman Unsoed, Rabu (5/1/2022).

Tentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek

Menurutnya, dalam mengatur keuangan, seseorang harus memiliki tujuan jangka panjang dan jangka pendek.

Baca juga: LTMPT: Selain Nilai Rapor, 2 Hal Ini Berpengaruh di SNMPTN 2022

Tujuan jangka panjang itu seperti berinvestasi untuk mempersiapkan sekolah anak dan membeli rumah.

Dia menerangkan, untuk tujuan jangka pendek, seseorang berinvestasi untuk memenuhi keinginan semata. Seperti hiburan, pergi liburan, membeli gadget, dan lain-lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.