Kompas.com - 05/01/2022, 14:26 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah memulai tahapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

Selain jalur SNMPTN, kamu juga bisa memanfaatkan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Nasional Masuk Perguruan Tinggi (UTBK SBMPTN) 2022 yang akan dimulai dengan pembuatan akun LTMPT pada 14 Februari hingga 17 Maret 2022 mendatang.

Berbeda dengan SNMPTN, siswa yang mengikuti UTBK SBMPTN 2022 harus melalui sebuah tes.

Merangkum dari laman Ruang Guru, Rabu (5/1/2022), bagi siswa yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2022, ada banyak hal yang bisa kamu persiapkan mulai dari sekarang.

Baca juga: Dirjen Vokasi: Salah Pilih Prodi Efeknya Sepanjang Hidup

Jika kamu telah mempersiapkan seoptimal mungkin mulai sekarang, harapannya akan memperbesar peluangmu berhasil lolos UTBK SBMPTN 2022. Berikut tips sukses hadapi UTBK SBMPTN 2022 yang bisa kamu terapkan.

1. Kenali jurusan dan universitas impian

Hal pertama yang perlu dilakukan para calon mahasiswa yang akan ikut UTBK SBMPTN 2022 yakni mengenal jurusan dan universitas yang diminati.

Jika hal ini tidak dilakukan, banyak yang salah langkah dan kurang memperhitungkan peluang yang ada.

Calon mahasiswa perlu tahu, berdasarkan data tahun lalu yang dikutip dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebanyak 184.942 peserta dinyatakan lulus seleksi di 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia melalui UTBK SBMPTN tahun 2021.

Sementara itu, angka pendaftar SBMPTN tahun 2021 mencapai 777.858 peserta.

Dari data itu, bisa dilihat persaingan sangat ketat agar berhasil lulus UTBK SBMPTN.

Baca juga: Sepeda Listrik Inovasi Mahasiswa UNY, Bisa Tempuh 40 Km

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.