Kompas.com - 07/01/2022, 08:39 WIB

KOMPAS.com - Bagi kamu calon mahasiswa yang baru akan memilih jurusan kuliah dan baru akan lulus empat sampai lima tahun mendatang, sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya banyak dibutuhkan pada 5 tahun mendatang ini bisa menjadi pertimbangan.

Menurut prediksi World Economic Forum (WEF), di tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada. Dengan begitu, lulusan perlu meningkatkan skill agar tak tergantikan oleh mesin.

Sebagai referensi memilih jurusan di 2022, berikut jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan karena lulusannya banyak dibutuhkan dunia kerja pada 5 tahun mendatang, melansir laman perusahaan teknologi finansial bidang pendidikan Pintek.id:

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

1. Matematika

Matematika adalah ilmu paling mendasar dalam pengolahan big data. Secara khusus, studi statistika akan berperan sangat besar dalam industri 4.0.

Bahkan sejak pertengahan 2020, telah terjadi kenaikan permintaan profesional di bidang matematika sebesar 10 persen dan diperkirakan akan terus meningkat.

2. Teknik Informatika

Informatika adalah ilmu yang lebih spesifik dari matematika dan turunannya.

Di sini kamu akan belajar soal manajemen data base. Studi informatika tentu akan sangat diperlukan dalam pengolahan big data.

3. Teknik Elektro dan Robotik

Teknologi digital dan robot diprediksi akan menggantikan 56 persen tenaga kerja di dunia.

Namun, jika kamu seorang profesional di bidang elektro dan robotik tentu ini bukanlah masalah, justru sebaliknya. Kamulah yang akan mengontrol mesin dan robot.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

4. Computer Science

Selalu ada tempat untuk sarjana ilmu komputer di masa depan. Dalam disiplin ini kamu akan belajar tentang algoritma, pemrograman, dan pembuatan sistem digital.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.