Kompas.com - 07/01/2022, 10:43 WIB

KOMPAS.com - Setelah 17 tahun berdiri, Facebook Inc akhirnya melakukan perubahan nama. Induk perusahaan yang selama ini menaungi Facebook, WhatsApp, Instagram, resmi berganti nama menjadi "Meta".

Perubahan nama Facebook Inc ini diumumkan langsung oleh pendiri sekaligus CEO perusahaan, Mark Zuckerberg, dalam konferensi tahunan Connect yang digelar Oktober tahun lalu.

Nama Meta Inc diambil dari istilah Metaverse. Menurut Mark, Metaverse akan menjadi dunia virtual 3 dimensi yang dapat dimasuki oleh manusia menggunakan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality. Bahkan, disebut-sebut berhubungan juga dengan blokchain dan aset kripto.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Banyak Dicari 2025

Prediksinya, di Metaverse manusia akan beraktivitas dan bersosialisasi dengan sesama secara virtual. Teknologi membuat aktivitas dan sosialisasi menjadi tak lagi terbatas oleh jarak dan ruang.

Melansir platform edukasi Schoters Indonesia, ke depannya dunia Metaverse juga akan membutuhkan banyak tenaga kerja. Ada sejumlah jenis pekerjaan yang dibutuhkan, apa saja?

1. Metaverse Cyber Security

Kehidupan di dunia maya juga memerlukan sistem keamanan yang melindungi para pengguna, termasuk perusahaan. Inilah mengapa profesi Cyber Security kian dibutuhkan di masa mendatang.

Kamu akan menyusun cara untuk blokir serangan secara real-time, serta memastikan bahwa undang-undang dan protokol keamanan bagi dunia maya bisa dipertimbangkan, ditingkatkan, maupun diciptakan.

Baca juga: Kemendikbud Buka Beasiswa Kuliah Merdeka Belajar, Mahasiswa Yuk Daftar

Karena Metaverse akan menjadi dunia internet yang sangat luas dan tak terbatas, serangan cyber hingga penipuan berpotensi banyak terjadi. Sehingga dibutuhkan tenaga kerja sebagai Cyber Security.

Rekomendasi jurusan kuliah untuk bergelut di profesi ini antara lain:

  • Cyber Security
  • Information Technology Law

2. Construction engineers

Sama seperti dunia nyata yang memerlukan profesi konstruksi untuk merancang dan membangun bangunan, Metaverse juga membutuhkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.