Kompas.com - 09/01/2022, 07:27 WIB
|

KOMPAS.com - Pendidikan di Indonesia memiliki sejarah panjang. Banyak pahlawan yang berjasa untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Salah satu pahlawan yang paling terkenal di dunia pendidikan adalah Ki Hadjar Dewantara. Bahkan karena jasanya semasa hidup, hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara juga ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional, yakni diperingati tiap tanggal 2 Mei.

Salah satu semboyan dari Ki Hadjar Dewantara yang masih diterapkan di bidang pendidikan hingga saat ini yakni Tut Wuri Handayani.

Tahukah kamu bahwa logo Tut Wuri Handyani dari Ki Hadjar Dewantara ini juga memiliki sarat makna. Sebagai siswa Indonesia, kamu perlu tahu makna dari logo Tut Wuri Handayani yang biasa ada di seragam sekolahmu ini.

Baca juga: Mahasiswa UNY Olah Ekstrak Lengkuas Bisa Basmi Nyamuk Demam Berdarah

Makna logo Tut Wuri Handayani

Merangkum dari Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Sabtu (8/1/2022), menjelaskan makna dari logo Tut Wuri Handayani.

1. Bidang segi lima (biru muda) menggambarkan alam kehidupan Pancasila.

2. Semboyan Tut Wuri Handayani digunakan oleh Ki Hadjar Dewantara dalam melaksanakan sistem pendidikannya. Pencantuman semboyan ini berarti melengkapi penghargaan dan penghormatan terhadap jasa Ki Hadjar Dewantara semasa hidup.

Baca juga: Kuliah Umum ITB, Peneliti Jerman: Pria Lebih Berisiko Kena Kanker

3. Warna putih pada ekor dan sayap garuda dan buku berarti suci, bersih dan tanpa pamrih. Warna kuning emas pada nyala api berarti keagungan, keluhuran dan pengabdian.

Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian. Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian yang tak kunjung putus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam (pandangan hidup Pancasila).

Baca juga: Super Air Jet Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK, Yuk Daftar

4. Belencong menyala bermotif Garuda Belencong (menyala) merupakan lampu yang khusus dipergunakan pada pertunjukan wayang kulit. Cahaya belencong membuat pertunjukkan menjadi hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.