Kompas.com - 08/01/2022, 15:07 WIB
|

KOMPAS.com - Indonesia terkenal kaya akan rempah-rempah. Banyak jenis rempah-rempah yang sudah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan masyarakat.

Mulai dari untuk bumbu memasak hingga obat penyakit tertentu. Salah satu rempah yang ada di Indonesia adalah lengkuas.

Lengkuas tidak hanya digunakan untuk memasak saja. Namun berkat inovasi para mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memanfaatkan lengkuas untuk membasmi nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah.

Apalagi demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang banyak ditemukan di sebagian besar wilayah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia.

Baca juga: Super Air Jet Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK, Yuk Daftar

Ekstrak rimpang lengkuas jadi bioreduktor pembasmi nyamuk 

DBD disebabkan virus dengue yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit demam berdarah bisa dicegah dengan memutus mata rantai penularan DBD, yakni membasmi larva nyamuk Aedes aegypti.

Selama ini, larva dibasmi menggunakan larvasida seperti Dichloro Diphenyil Trichloroethane (DDT), etilheksanol, temefos, dan berbagai senyawa sintetik lainnya. Penggunaan dalam konsentrasi tinggi dapat membahayakan lingkungan.

Sekelompok mahasiswa Fakultas MIPA UNY meneliti penggunaan ekstrak rimpang lengkuas dapat digunakan sebagai bioreduktor untuk membasmi nyamuk demam berdarah.

Tim mahasiswa yang terlibat yakni Yasinta Dwi Salsabila dan Mia Luvita Sari, Intan Tri Wahyuni, Intan Damayanti dan Mifta Fajarwati.

Kandungan dalam lengkuas

Menurut Yasinta Dwi Salsabila, lengkuas adalah herbal rhizomatous yang tumbuh kokoh dengan membentuk rumpun besar dan tinggi mencapai 3 meter.

"Senyawa aktif yang ditemukan pada tumbuhan ini adalah saponin, terpenoid, fenolat, flavonoid, karbohidrat, alkaloid, glikosida, fitosterol dan minyak atsiri," papar Yasinta seperti dikutip dari laman UNY, Sabtu (8/1/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.