Kompas.com - 11/01/2022, 10:11 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Di era serba modern, manusia selalu menggunakan teknologi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun tanpa disadari manusia juga masih memerlukan bantuan alat tertentu saat mengerjakan beberapa jenis pekerjaan.

Beberapa alat-alat sederhana yang sangat membantu manusia seperti gunting untuk memotong kertas, roda untuk memindahkan barang dengan mudah. Ada juga alat katrol untuk menimba air di sumur.

Beberapa alat sederhana ini merupakan hasil temuan manusia sejak zaman dahulu dan masih terus digunakan hingga sekarang lho.

Baca juga: Simak 7 Langkah Cara Buat Akun LTMPT untuk Ikut SNMPTN 2022

Apa itu pesawat sederhana?

Merangkum dari laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Selasa (11/1/2022), dengan kecerdasan otaknya, manusia berhasil menemukan teknologi sederhana tersebut.

Alat-alat bantu sederhana ini bisa membantu melakukan aktivitas manusia dan biasa disebut pesawat sederhana.

Pesawat sederhana merupakan alat mekanik yang bisa mengubah arah atau besaran dari sebuah gaya. Pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk mempermudah melakukan usaha atau pekerjaan.

Jenis-jenis pesawat sederhana ada empat, yaitu katrol, roda berporos, bidang miring, dan pengungkit. Masing-masing dari jenis pesawat sederhana ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda di dalam kehidupan. Para siswa yuk belajar bersama.

1. Katrol

Katrol adalah pesawat sederhana berupa roda beralur yang terhubung dengan tali dan digunakan untuk memudahkan dalam melakukan kerja karena katrol dapat mengubah arah gaya ketika menarik atau mengangkat beban.

Baca juga: LOréal Indonesia Buka Program Magang bagi Mahasiswa S1-S2

Katrol sendiri memiliki berbagai jenis, yakni katrol tetap, katrol bebas, dan juga katrol majemuk. Katrol tetap posisinya tidak berubah ketika memindahkan benda, sedangkan katrol bebas posisinya bisa berubah. Untuk katrol majemuk sendiri adalah gabungan dari katrol tetap dan katrol bebas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.