Kompas.com - 11/01/2022, 07:07 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Di zaman serba digitalisasi, banyak perusahaan startup bermunculan. Adanya pandemi Covid-19 juga memberi dampak positif karena bisa mempercepat proses digitalisasi di Indonesia.

Masyarakat Indonesia juga sebaiknya sudah harus melek data. Apalagi saat ini semua aktivitas dilakukan secara digital.

Bidang yang mengalami peningkatan tertinggi ke arah digital ada pada sektor bisnis. Khususnya e-commerce, kesehatan, dan pendidikan.

Merespons hal ini, DQLab menyelenggarakan live session mengenai Kompetensi untuk Bangun Startup di Era Digital.

Baca juga: LOréal Indonesia Buka Program Magang bagi Mahasiswa S1-S2

Startup naik daun di tengah pandemi Covid-19

Pembicara yang dihadirkan yakni Head of Program Skystar Ventures Octa Ramayana dan Wahyu Herlambang selaku Senior Data Analyst dan member DQLab.

Pembahasan diawali dengan startup yang sedang naik daun di tengah pandemi. Menurut Octa, banyak orang sudah menyadari beberapa aktivitas juga bisa dilakukan secara online.

Hampir semua bisnis berbasis online saat sudah makin berkembang pesat. Wahyu memberikan beberapa contoh tren bisnis startup. Seperti di bidang perbankan, inovasi yang bisa dibuat untuk menghadapi era digital adalah dengan layanan pembuatan rekening online.

Baca juga: Awardee IISMA Ceritakan 39 Perpustakaan di University of Padua

Bisnis startup yang sedang trend saat ini bisa dilihat nilai investasi yang masuk ke dalam startup atau inovasi startup yang bisa memanfaatkan keadaan.

Menurut Wahyu, dari segi data, ada tips membangun startup, yakni dengan belajar tentang data, fokus terhadap goals yang ingin dicapai, dan mempraktekkannya.

"Di era digital ini, pemahaman data dan tren masa mendatang menjadi salah satu kemampuan penting dalam membangun startup," kata Wahyu seperti dikutip dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Senin (10/1/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.