Kompas.com - 11/01/2022, 15:52 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ahli Gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Rahadyana Muslichah membagikan jenis diet yang aman dan sehat dilakukan untuk menurunkan berat badan. 

Rahadyana Muslichah menjelaskan, diet harus dilakukan dengan memperhatikan kondisi tubuh dan melalui pendampingan dari profesional seperti ahli gizi.

Menurutnya, diet yang berhasil dilakukan pada satu individu tidak lantas bisa diterapkan pada individu lainnya karena masing-masing individu memiliki kebutuhan harian yang berbeda.

"Diet untuk menurunkan berat badan tidak boleh sembarangan seperti mengikuti cara yang berhasil dipakai orang lain. Jadi tidak bisa meniru program diet yang populer dilakukan karena program diet sebisa mungkin personalized dengan mempertimbangkan kondisi klien," terang Rahadyana Muslichah seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Mengapa Perlu Kurikulum Prototipe? Ini Penjelasan Kemendikbud Ristek

Program diet tetap memperhatikan gizi seimbang

Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM ini menerangkan, program diet direkomendasikan dibuat khusus untuk individu dengan tetap memperhatikan panduan gizi seimbang.

Selain itu, juga program yang disusun aman dilakukan atau tidak sampai mengganggu fungsi tubuh serta tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari secara optimal.

"Kondisi setiap orang itu berbeda-beda. Ada kondisi kesehatan yang menyertai di setiap orang. Bisa jadi misal diet A itu cocok untuk seseorang, tetapi tidak cocok atau tidak aman untuk tubuh orang lain," ungkap dia.

Dia merekomendasikan, dalam penentuan program diet dilakukan melalui konsultasi dengan profesional.

Dia menekankan bahwa diet bukan hanya sekedar menurunkan berat badan hingga posisi ideal.

Namun, diet juga harus memperhatikan komposisi tubuh seperti persentase lemak maupun otot. Melalui konsultasi ke profesional, program diet akan disusun setelah melalui rangkaian asesmen secara komprehensif.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.