Kompas.com - 12/01/2022, 06:04 WIB
Salah satu yang hadir di BSD City adalah Universitas Bina Nusantara (Binus) melalui pembelian lahan 1,4 hektar di digital hub untuk dibangun Kampus Binus. Sinarmas LandSalah satu yang hadir di BSD City adalah Universitas Bina Nusantara (Binus) melalui pembelian lahan 1,4 hektar di digital hub untuk dibangun Kampus Binus.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com  Beberapa kampus di Indonesia menetapkan biaya kuliah di angka yang tinggi. Memang, belum ada data resmi terkait kampus termahal di Indonesia.

Namun setidaknya, ada 8 kampus yang sering disebut-sebut sebagai kampus termahal di Indonesia.

Baca juga: Anak IPS, Ini 10 Jurusan Kuliah Paling Favorit yang Bisa Dipilih

Jika melihat biaya kuliah di 8 kampus tersebut, memang tidak mengherankan jika memperoleh cap sebagai golongan kampus termahal.

Jadi apa saja kampus termahal di Indonesia? Berikut 8 nama kampus termahal di Indonesia, seperti melansir laman Quipper, Rabu (12/1/2022):

8 kampus termahal di Indonesia

1. Swiss German University (SGU)

Swiss German University (SGU) berdiri tahun 2000. Kampus ini sebagai universitas internasional pertama dengan lisensi akademik yang diakui berdasarkan hukum Indonesia.

Kampus ini terbentuk lewat upaya bersama antara Indonesia, Jerman, Swiss, dan Austria dengan tujuan membawa fokus internasional yang kuat dan mempromosikan pengetahuan dan teknologi dalam sistem pendidikan tinggi Indonesia.

Baca juga: UGM Beri Rekomendasi Kebijakan Mitigasi Pandemi Covid-19

Biaya kuliah per semester di Swiss German University (SGU) terbilang besar, yakni Rp 27,5 juta sampai Rp 30 juta.

2. President University

President University menetapkan biaya per semester sebesar Rp 8 juta sampai Rp 32 juta. Tapi, tergantung program studi (Prodi) yang kamu pilih.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.