Kompas.com - 14/01/2022, 15:26 WIB
James Naismith, Bapak Olahraga Bola Basket via Global News CanadaJames Naismith, Bapak Olahraga Bola Basket
|

KOMPAS.com - Olahraga yang satu ini pasti tidak asing di telinga siswa sekolah. Sebab, biasanya bola basket diajarkan di sekolah sejak Sekolah Dasar (SD).

Tetapi, apakah siswa sudah paham asal usul permainan bola basket? Dari mana asal atau sejarah bola basket itu?

Melansir laman Kemendikbud Ristek, bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Baca juga: Siswa, Ini 8 Teknik Dasar Bola Basket

Sejarah bola basket

Bola basket berasal dari Kanada. Lebih tepatnya yakni pada tahun 1891. Permainan bola basket diciptakan oleh James Naismith, seorang guru olahraga.

Guru asal Kanada itu yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts, harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England.

Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Adapun pertandingan resmi bola basket yang pertama, diselenggarakan pada 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr. James Naismith. Basket adalah sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya.

Olahraga ini pun segera terkenal di seantero Amerika Serikat. Penggemar fanatik ditempatkan di seluruh cabang di Amerika Serikat.

Pertandingan demi pertandingan pun dilaksanakan di seluruh kota-kota negara bagian Amerika Serikat.

Pada awalnya, setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah melalui lemparan.

Baca juga: 20 Peraturan Permainan Bola Basket, Siswa Sudah Paham?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.