Kompas.com - 14/01/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak tipe parenting atau pengasuhan yang dilakukan orangtua, bisa berdasarkan pengalaman, pembelajaran, bahkan juga kepribadian.

Meski begitu, gaya pengasuhan bisa berbeda seiring berjalannya waktu, berkembang dan bertumbuh, karena sejatinya setiap hari orangtua belajar banyak hal dari lingkungan, termasuk dari anak-anak.

Berikut tipe parenting yang mungkin dimiliki oleh orangtua berdasarkan kepribadian dari tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), merangkum laman parenting Haloibu dan Psychologyjunkie.

Sebagai informasi, MBTI merupakan salah satu tes kepribadian yang paling populer, membagi kepribadian manusia menjadi 16 jenis.

Baca juga: Banyak Anak Dirawat karena Omicron, IDAI: Tahan Diri PTM 100 Persen

Diperkirakan, setiap tahunnya sebanyak 1,5 juta orang melakukan tes kepribadian ini. Hasil tes digunakan oleh berbagai instansi, mulai dari universitas hingga perusahaan untuk menyeleksi dan menempatkan karyawannya berdasarkan tes tersebut.

1. Orangtua ENFP

ENPF biasanya menjadi orangtua yang antusias, hangat dan penuh perhatian. Suka mendengarkan perasaan anak-anaknya dan memahaminya dengan cara yang akrab dan penuh kasih.

Orangtua ENFP juga suka memberikan anak-anak pengalaman baru dan mengembangkan imajinasi mereka.

2. Orangtua ENTP

ENTP biasanya adalah orangtua yang energik, banyak akal dan inovatif.

Kamu benar-benar dapat menikmati waktu untuk mengajar anak-anak dengan ide-ide dan keterampilan baru serta mendapatkan sensasi dari melihat anak-anak tumbuh menjadi mandiri.

Sebagai orangtua ENTP, kamu juga suka mendengarkan sudut pandang anak dalam berpendapat.

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.