Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

Kompas.com - 22/10/2020, 15:22 WIB
Ilustrasi anak memakai masker SHUTTERSTOCK/FamVeldIlustrasi anak memakai masker

KOMPAS.com - Sudah sekitar 7 bulan anak-anak bersekolah dari rumah. Pandemi Covid-19 yang belum mereda membuat kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kemungkinan terjadi lebih lama.

Salah satu tantangan yang kini tengah dihadapi orangtua ialah menerapkan kedisiplinan pada anak. Pasalnya, selama di rumah, anak cenderung lebih santai dan enggan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan.

Kondisi ini bisa jadi akan semakin menantang saat anak sudah mulai bersekolah kembali, di mana lingkungan sekolah dan sosial memiliki banyak aturan yang perlu dipatuhi.

Di masa pandemi atau tidak, kedisiplinan merupakan salah satu karakter yang perlu dibangun dalam diri anak sedini mungkin. Kelak, karakter ini dapat mendorong kesuksesan di masa depan.

Baca juga: Kuota Gratis Kemendikbud Bulan Oktober Cair, Aplikasi Belajar Kian Beragam

Merangkum platform pendidikan Sekolah.mu, penerapan disiplin yang dilakukan oleh orang tua di Jepang sangat menarik untuk menjadi inspirasi Ibu maupun Ayah.

"Apakah Ibu dan Ayah penasaran bagaimana anak-anak di Jepang usia 2 tahun mampu duduk tenang di dalam kereta?," tulis Sekolah.mu.

Menurut studi Kansas Association for Infant Mental Health yang berjudul "Disiplin dalam Anak Usia Dini", dalam menerapkan kedisiplinan pada anak, keluarga Jepang menekankan 3 (tiga) hal, yakni kelekatan, empati dan harmoni.

Ini akan membuat anak-anak bergantung sepenuhnya kepada ibu. Namun, di lingkungan sosial, anak-anak justru taat dan belajar mandiri layaknya orang dewasa.

Baca juga: Kuota Gratis Kemendikbud Bulan Oktober Cair, Aplikasi Belajar Kian Beragam

1. Membangun hubungan erat antara orangtua anak

Orangtua di Jepang membentuk hubungan yang sangat emosional di masa 6 tahun pertumbuhan anak. Caranya, mereka melakukan pengasuhan sendiri dan minim bantuan pengasuh atau orang lain.

Hubungan yang erat dinilai membuat anak lebih mudah memahami dan mengikuti apa yang disarankan oleh orangtua mereka. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X