Kompas.com - 16/01/2022, 18:48 WIB
|

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, biasa terjadi penurunan fungsi mata. Bahkan ada beberapa penyakit mata yang pada umumnya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.

Masyarakat perlu mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan mata pada lansia. Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan mata lansia dengan makanan yang bergizi dan bernutrisi sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan mata pada orangtua.

Menurut Dokter Spesialis Mata Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Universitas Diponegoro (Undip) Puspita Kusuma Dewi, fungsi mata adalah sebagai organ penglihatan, dengan merawatnya justru agar tidak bermasalah.

Dia mengatakan, mata yang harus dirawat bagi para lanjut usia, tidak harus menunggu jika ada masalah.

"Pada usia senja mau tidak mau ada perubahan-perubahan organ mata yang akan mengalami penuaan berbeda dengan saat kita berusia relatif lebih muda," terang Puspita Kusuma Dewi seperti dikutip dari laman Undip, Minggu (16/1/2022).

Baca juga: Investigasi Kasus, Satgas PPKS Unesa Libatkan Para Ahli

Keluhan mata pada lansia

Puspita menjelaskan, seseorang yang telah berusia, struktur matanya terjadi perubahan fungsi. Ada beberapa keluhan yang biasa terjadi pada orangtua, seperti:

  • Katarak
  • Mata iritasi
  • Kelopak matanya berubah menjadi lebih kendur
  • Sering merah
  • Keluar air mata banyak

"Karena bola mata bisa mengalami ketidakstabilan pelembab mata, sehingga matanya lebih kering dan menurun ketajamannya. Hal-hal seperti itu yang perlu penanganan khusus," imbuhnya.

Baca juga: 15 PTS terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Cara merawat kesehatan mata

Untuk perawatan mata pertama, lanjut Puspita, harus mempertahankan fungsinya semaksimal mungkin. Puspita memberi tips untuk merawat mata, yakni dengan melakukan pola hidup yang baik, seperti:

1. Menggunakan mata dengan kondisi yang optimal

2. Menjaga mata dengan jarak yang baik tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.