Kompas.com - 18/01/2022, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah terus mendorong agar generasi muda di usia produktif selain bisa diserap dunia kerja juga bisa membuka lapangan kerja sendiri.

Salah satunya dengan meningkatkan jiwa entrepreneur di kalangan siswa maupun mahasiswa. Bidang wirausaha ini makin banyak dipilih. Terlihat dari banyak orang yang meraih kesuksesan di usia belia dengan menekuni bidang wirausaha.

Merangkum dari laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Selasa (18/1/2022), kewirausahaan atau entrepreneurship adalah proses memanfaatkan peluang untuk menciptakan produk jasa yang baik dengan mengedepankan kreativitas dan keberanian.

Baca juga: Epidemiolog UGM Sarankan Hal Ini agar Omicron Tak Ganggu PTM Terbatas

Namun munculnya pandemi Covid-19 membawa dampak kepada banyak sektor, termasuk perekonomian. Tidak sedikit wirausahawan terpaksa gulung tikar karena tidak bisa bertahan di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Direktorat SMP Kemendikbud Ristek memberikan sejumlah tips bagi wirausahawan muda agar bisa mempertahankan usahanya di masa pandemi Covid-19. Yuk simak informasi berikut ini.

1. Keluar dari zona nyaman

Dalam menjalani kehidupan ini tidak ada sesuatu yang pasti. Selalu ada risiko-risiko yang bisa saja terjadi. Berada di zona nyaman sebenarnya bukan meniadakan risiko, justru menumpuk risiko.

Bagi kamu yang sedang menggeluti wirausaha, cobalah untuk keluar dari zona nyaman agar bisa melihat peluang-peluang lainnya.

Baca juga: Pakar Undip: Hipnoterapi Bisa Atasi Kesehatan Jiwa dan Gangguan Tidur

2. Berani berubah dan berani mengubah

Perubahan itu kebanyakan diciptakan orang-orang yang menyukai tantangan. Siapa yang bisa melewati masa sulit, akan menjadi pemenang pada situasi normal.

Bagi seorang wirausahawan tidak hanya berani untuk berubah. Namun juga berani untuk mengubah sebuah hal menuju ke arah yang lebih baik lagi.

3. Menjadi unik dan berbeda

Menjadi unik dan punya pembeda itu bisa menjadi nilai tambah. Jika seorang wirausahawan tidak bisa menciptakan sesuatu hal yang berbeda dan unik dari kompetitor, tentunya dia akan kalah saing. Inilah yang menjadi salah satu faktor pengusaha tidak bisa bertahan di tengah pandemi.

Baca juga: Guru Besar Unpad Ungkap Berkah di Balik Bahaya Gunung Berapi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.