Kompas.com - 18/01/2022, 14:18 WIB
|

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Kali ini, KKN Tematik UNS periode Februari–Juli 2022 diikuti sebanyak 1.492 mahasiswa dan 58 Dosen Pembimbing Lapangan.

Dalam sambutan acara pelepasan Mahasiswa KKN Tematik UNS Membangun Desa, Selasa (18/1/2022), Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho menyatakan, mahasiswa UNS harus memadukan ilmu pengetahuan dengan kondisi di masyarakat.

"Dengan sifat idealismenya, mahasiswa adalah salah satu aset negara yang sangat penting di dalam melakukan pergerakan dan perubahan," ujar Prof. Jamal dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Ini Obat Sakit Gigi dan Pegal Linu dengan Herbal dari Akademisi UNS

Selain itu, peran dan fungsi seorang mahasiswa tidak hanya belajar dan sukses kuliah saja, namun dengan kekayaan ilmu, ide dan keterampilanya, mahasiswa juga harus menjadi sosok yang aktif berkontribusi untuk kepentingan pembangunan dan kemajuan bangsa.

Mampu ciptakan peradaban baru bangsa

Menurut Rektor UNS, Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa yang dilaksanakan oleh UNS saat ini, merupakan implementasi dari salah satu diantara 9 aktifitas Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dikembangkan oleh UNS, yakni:

  1. Pertukaran Mahasiswa
  2. Praktik Kerja Profesi
  3. Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan
  4. Penelitian/Riset
  5. Proyek Kemanusiaan
  6. Kegiatan Wirausaha
  7. Studi/Proyek Independen
  8. Proyek/Membangun Desa
  9. Pelatihan Bela Negara

"Kesembilan aktivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejatinya mengisyaratkan bahwa pembelajaran dapat terjadi dimanapun," imbuhnya.

Karena semesta belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium saja tetapi juga bisa di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat.

Melalui interaksi, sinergi dan kolaborasi yang kuat antara perguruan tinggi dengan dunia nyata, maka akan lahir talenta-talenta muda masa depan bangsa yang unggul dan utuh, yang akan membawa kemajuan dan menciptakan peradaban baru bangsa Indonesia.

Baca juga: 24 Mahasiswa UGM KKN di Pulau Sabu, Daerah Terluar dan Terisolir NTT

Lebih lanjut Rektor UNS mengatakan, saat ini ancaman krisis ekonomi dan kesehatan akibat pandemi Covid-19 masih membayangi kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, kehadiran para dosen dan mahasiswa UNS dalam kegiatan KKN Tematik Membangun Desa kali ini akan difokuskan untuk mengerjakan 4 program besar yakni:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.