Kompas.com - 21/01/2022, 11:14 WIB

KOMPAS.com – Rangkaian Seleksi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tengah berlangsung. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jadwal resmi pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) 2022 dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2022.

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 yang akan berlangsung pada 23 Maret hingga 15 April 2022. Dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer 2022 dilaksanakan setelah hari Raya Idul Fitri 2022, tepatnya pada 17-23 Mei 2022 dan 28 Mei - 03 Juni 2022.

Kelulusan UTBK nyatanya tak cukup bermodal rajin menghafal rumus. Bahkan, tak sedikit anak yang terkenal pintar di sekolah, tetapi justru gagal masuk jurusan atau universitas impiannya karena tak tembus UTBK SBMPTN. Sebaliknya, bukan tak mungkin kalau anak yang nilainya biasa saja, justru lolos ke PTN favorit.

Baca juga: Kisi-kisi UTBK SBMPTN, Materi IPA dan IPS yang Sering Keluar di UTBK

Untuk menjawab kegalauan, platform edukasi Zenius Education mencoba merangkum ciri atau sifat utama yang dimiliki seorang calon mahasiswa yang membuat mereka berhasil meraih mimpi lolos UTBK SBMPTN:

1. Setia pada mimpi

Bila prioritasmu adalah bisa lolos PTN, tandanya fokus kamu sudah seharusnya belajar untuk menghadapi tes masuk perguruan tinggi negeri, seperti SBMPTN.

Kelancaran tes UTBK nyatanya sangat bergantung pada fokus atau tidaknya siswa kelas 12 dalam melakukan persiapan tes masuk perguruan tinggi.

"Kurangi segala distraction yang bisa mengganggu konsentrasi, termasuk mengorbankan hal-hal yang dekat dengan kita yang memberi efek negatif pada proses persiapan belajar," saran Zenius.

Baca juga: 10 Kampus Swasta Buka Beasiswa 2022, Bebas Uang Kuliah hingga 100 Persen

Untuk dapat fokus, Co-Founder dan Chief Education Officer Zenius Sabda PS menyarankan untuk membuat target belajar.

"Misalnya selama 14 hari belajar mandiri di rumah, saya akan menyelesaikan materi Ekonomi & Geografi UTBK di Zenius. Lalu, turunkan menjadi target harian, misalnya menyelesaikan video materi dan latihan soal," saran Sabda.

Dengan demikian, belajar UTBK mandiri di rumah menjadi lebih efektif dan terukur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.