Kompas.com - 23/01/2022, 08:45 WIB
|

KOMPAS.com - SMKN 1 Kokap, Kulonprogo, DIY ini telah menjadi SMK Pusat Keunggulan (PK) yang menjadi salah satu program strategis Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek.

Menurut Kepala SMKN 1 Kokap, Caecilia Luppi Satesti, berbasis awal jurusan kriya kayu dan tekstil, serta desain komunikasi visual, kini SMK tersebut telah berkembang hingga memiliki kompetensi lain, yakni akuntansi dan perhotelan.

"Saat ini SMKN 1 Kokap menyelenggarakan 15 rombel (rombongan belajar) dengan jumlah siswa 449," ujar Caecilia seperti dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Siswa, Ini Manfaat Yodium dan Zat Besi bagi Tubuh

Menyandang SMK COE sejak 2020, sekolah pun kini telah memiliki edutel berkonsep resor sebagai rencana pengembangan sekolah.

"Dari yang sebelumnya sebatas magang, kerja sama kami dengan industri kini setelah menyandang COE dan PK harus meliputi ‘link and match’ dengan paket 8+i," terang Caecilia.

Mindset lebih terbuka

Dikatakan, paket i bukanlah berbentuk beasiswa, melainkan bentuk lain, semisal bantuan peralatan untuk penyelenggaraan ujian. Selain itu, mindset pengajar maupun siswa kini juga lebih terbuka.

"Terlebih, dengan diadakannya program re-skilling dan up-skilling bagi guru. Kami juga mengikutkan diklat asesor bagi guru," jelasnya.

Hasilnya, program SMK PK betul-betul telah “mengubah” SMKN 1 Kokap. Terlebih, turut mengubah karakter para siswa daerah Kulonprogo yang lebih banyak berasal dari wilayah perbukitan yang dikenal kurang percaya diri (pede).

Baca juga: Humas Unej: Ternyata Masih Banyak Siswa Bingung Pilih Jurusan Kuliah

"Kurikulum Merdeka Belajar juga lebih memberikan peran kepada siswa hingga percaya diri mereka muncul serta menyelenggarakan kegiatan," imbuhnya.

Untuk menularkan SMK PK kepada sekolah lainnya, Cecilia mengaku pihaknya melakukan “saling belajar”. Hingga pada akhirnya SMKN 1 Kokap akan menjadi pusat belajar dan pengembangan hospitality.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.