Kompas.com - 23/01/2022, 19:34 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terus berupaya agar pendidikan bisa diakses semua kalangan.

Berbagai program bantuan sudah diluncurkan agar setiap siswa khususnya yang berasal dari kalangan kurang mampu bisa mengenyam pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Salah satunya melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Selain dari pemerintah, saat ini sudah banyak instansi non-pemerintah juga banyak yang menyediakan beasiswa di jenjang perguruan tinggi.

Merangkum dari salah satu platform edukasi di Instagram @masukkampus, Minggu (23/1/2022), ada beberapa program beasiswa yang rutin diadakan tiap tahun.

Baca juga: Dosen IPB Ungkap Bahaya Kelebihan dan Kekurangan Vitamin C

Peserta KIP Kuliah selain harus memiliki potensi akademik juga berasal dari kalangan yang memiliki keterbatasan ekonomi dan didukung dengan dokumen sah.

Bagi kamu yang tidak bisa mendaftar KIP Kuliah karena terkendala syarat minimal penghasilan orangtua, ada beberapa beasiswa lain yang bisa kamu coba lho. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi (S1, S2 dan S3)

1. Tanggungan biaya kuliah sampai lulus.

2. Uang bulanan Rp 1,4 juta.

3. Uang saku Rp 1 juta tiap tahun.

4. Kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang beasiswa ini di beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Baca juga: Ciptakan Mainan Edukatif, Mahasiswa UKDW Raih Penghargaan di IIDSA

Tanoto Foundation

1. Biaya kuliah hingga semester 8.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.