Kompas.com - 23/01/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Vitamin C termasuk zat organik yang dibutuhkan manusia untuk memelihara kesehatan tubuh.

Vitamin C termasuk vitamin yang larut dalam air dan berperan untuk memperbaiki jaringan tubuh dan proses metabolisme tubuh.

Namun tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri, sehingga seseorang harus memenuhi kebutuhan vitamin C dari makanan yang dikonsumsi.

Perlu diketahui bahwa vitamin C banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buah, seperti jambu biji, jeruk, pepaya, stroberi, cabai, lemon, brokoli dan paprika.

Baca juga: Banyak Dibutuhkan, Ini Prospek Kerja Jurusan Cyber Security

Manfaat vitamin C untuk tubuh manusia

Dosen Departemen Gizi dan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Karina Rahmadia Ekawidyani mengatakan, vitamin C merupakan salah satu vitamin yang diperlukan tubuh.

Meski dibutuhkan dalam kadar sedikit, namun vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu yang sudah diketahui banyak orang adalah untuk mencegah sariawan.

"Manfaat vitamin C tidak hanya itu. Vitamin C juga bisa menjaga kekebalan tubuh, selain itu vitamin C juga berperan dalam pembentukan sel darah putih," kata Karina seperti dikutip dari kanal YouTube IPB TV, Minggu (23/1/2022).

Karina mengungkapkan, keberadaan vitamin C juga bisa meningkatkan penyerapan zat besi. Sehingga pada seseorang yang mengonsumsi zat besi dari sumber pangan non-hewani, dengan mengonsumsi sumber pangan vitamin C, maka penyerapan zat besinya akan lebih baik atau lebih efektif.

"Keberadaan Vitamin C ini juga mencegah anemia nantinya," imbuhnya.

Bahaya kekurangan dan kelebihan vitamin C

Karena peran vitamin C yang sangat banyak ini, masyarakat perlu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Jika kebutuhan harian tidak terpenuhi maka berisiko mengalami kondisi scurvy yang ditandai dengan gejala mudah lelah, anemia, gusi berdarah dan luka yang sulit sembuh.

Baca juga: Ciptakan Mainan Edukatif, Mahasiswa UKDW Raih Penghargaan di IIDSA

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.