Kompas.com - 24/01/2022, 09:51 WIB

KOMPAS.com - Belum lama ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan universitas Indonesia terpopuler di media sosial versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021 pada platform facebook dan instagram.

Dalam pemeringkatan tersebut UGM berada di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi dengan jumlah likes Facebook terbanyak pada Februari 2021 dengan total mencapai 446.257 likes pengguna Facebook. Berikutnya, pada platform Instagram UGM masuk dalam ranking tertinggi dengan follower mencapai 781.814 ribu di akhir April 2021.

Di tahun 2021, pemeringkatan 4ICU UniRank diberikan kepada 576 institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang memenuhi sejumlah kriteria dari uniRank.

Baca juga: 10 PTN Jurusan MIPA Terbaik Indonesia 2022 Versi THE WUR

Pemeringkatan perguruan tinggi versi 4ICU dilakukan berdasarkan sistem algoritma lima website yang dianggap netral dan independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, serta Majestic Trust Flow.

4ICU uniRank menilai perguruan tinggi yang memiliki kriteria sudah diakreditasi oleh organisasi resmi, menyelenggarakan pembelajaran sarjana dan pascasarjana, serta memiliki program pembelajaran tatap muka dan jarak jauh.

Tujuan pemeringkatan ini sendiri adalah untuk menyediakan klasemen non-akademik dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan dunia berdasarkan metrik website yang valid juga tanpa bias dan pengaruh apa pun, yang disediakan oleh sumber-sumber web intelligence independen dan bukan data yang dikumpulkan oleh perguruan tinggi itu sendiri.

Berikut 100 perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan 4ICU UniRank 2021:

Baca juga: 10 Kampus Swasta Buka Beasiswa 2022, Bebas Uang Kuliah hingga 100 Persen

1. Universitas Gadjah Mada

2. Universitas Indonesia

3. Universitas Brawijaya

Halaman Selanjutnya


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.