Kompas.com - 24/01/2022, 05:27 WIB
|

KOMPAS.com - Sebagian masyarakat tentu beranggapan bahwa chef dan koki itu sama, yakni bermakna juru masak. Padahal, sebenarnya kedua profesi itu berbeda.

Meski sama-sama bekerja di dapur, tapi ternyata berbeda. Lantas apa perbedaan chef dan koki? Apakah siswa atau mahasiswa sudah paham?

Melansir laman Quipper, chef adalah seorang juru masak profesional, biasanya berperan sebagai kepala juru masak di restoran atau hotel.

Baca juga: Perbedaan Sedih dan Depresi, Mahasiswa Sudah Paham?

Sedangkan koki adalah seseorang yang menyiapkan dan memasak makanan, khususnya dilakukan sebagai pekerjaan atau dengan kata lain disebut juru masak.

Perbedaan chef dan koki

Adapun perbedaan mendasar antara chef dan koki yaitu peran dan tanggung jawab ketika bekerja. Seorang chef berperan sebagai kepala koki yang bertanggung jawab terhadap berbagai kegiatan di dapur, mulai dari:

  • pengelolaan SDM
  • pengendalian bahan baku
  • pengembangan menu masakan
  • sampai dengan pengelolaan biaya belanja dapur

1. Etimologi

Dari segi etimologi, chef berasal dari bahasa Perancis yaitu chief yang berarti kepala, lengkapnya adalah chief de cuisine (kepala dapur). Sedangkan koki berasal dari bahasa Inggris yakni cook yang berarti juru masak.

2. Pendidikan

Untuk menjadi chef, tentu perlu melewati tahap pendidikan di sekolah tinggi yang menyediakan Jurusan Tata Boga selama 2 tahun (D1) hingga 4 tahun (S1). Pendidikan ini dilalui dengan teori dan praktik memasak sekaligus.

Baca juga: Siswa, Ini Lho Penjelasan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Sedangkan koki biasanya mendapatkan keahliannya dari pengalaman memasak suatu masakan hingga mampu memasak dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.