Hari Gizi Nasional 2022, "Save The Children" Gagas Telekonseling Gizi bagi Para Ibu

Kompas.com - 25/01/2022, 12:23 WIB
|

KOMPAS.com - Hingga kini, pemerintah terus gencar dalam penanganan stunting. Hasilnya, tren prevalensi Balita Stunting Nasional menunjukkan penurunan sejak 2019, yakni (27,7 persen), 2020 (26,9 persen), dan 2021 (24,4 persen).

Upaya lain ialah dengan promosi kesehatan yang harus terus ditingkatkan bagi ibu hamil dan orang tua terkait Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA), seperti:

1. Melakukan inisiasi menyusu dini (IMD)

2. ASI eksklusif 6 bulan

3. MPASI setelah 6 bulan

4. ASI sampai 2 tahun atau lebih

Baca juga: Ini Capaian Save The Children di 2021 demi Pemenuhan Hak Anak Bidang Pendidikan

Hal ini dilakukan sebagai upaya pemenuhan hak gizi pada anak, serta mendukung upaya pemerintah untuk percepatan penurunan stunting.

Dalam Buku Saku Hasil Studi Status Gizi Indonesia 2021, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih menjadi provinsi dengan prevalensi balita stunting tertinggi di Indonesia (31,4 persen), disusul Sulawesi Barat (33,8 persen), dan Aceh (33,2 persen).

Terlebih selama pandemi Covid-19 ini, para orang tua menghadapi tantangan kehilangan pekerjaan yang berdampak pada kondisi keluarga, termasuk pemenuhan gizi.

Gagas telekonseling bagi para ibu

Terkait hal itu, Save the Children Indonesia bekerja sama dengan Sentra Laktasi Indonesia (Selasi) sejak Agustus 2020 – November 2021 melakukan telekonseling atau konseling jarak jauh dan kunjungan rumah terkait menyusui dan PMBA.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.