Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2022, 20:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sistem pemeringkatan AD Scientific Index (Alper-Doger Scientific Index) 2022 telah merilis daftar ilmuwan terbaik dari berbagai universitas, termasuk universitas di Indonesia.

Sebanyak 343 peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam daftar ilmuwan teratas dunia 2022. Secara keseluruhan, UGM menduduki peringkat pertama perguruan tinggi di Indonesia dalam pemeringkatan tersebut.

AD Scientific Index adalah sistem pemeringkatan dan sistem analisis berdasarkan performa ilmiah dan nilai tambah dari produktivitas ilmiah peneliti individu.

Baca juga: 100 Kampus Terbaik Indonesia Versi 4ICU, Referensi Pilih Kampus

AD Scientific Index juga memberikan pemeringkatan institusi berdasarkan karakteristik-karakteristik ilmiah atau peneliti dalam suatu afiliasi.

Sumber data dari AD Scientific Index adalah Google Scholar dengan atribut-atribut seperti, total h-index, i10 index dan sitasi.

Untuk masuk dalam penilaian maka peneliti minimal memiliki 300 sitasi. Misalnya, ada peneliti yang mendapatkan h-index = 1 dengan 300 sitasi akan dimasukkan sedangkan peneliti lain dengan h-index 5 dan 30 sitasi atau h index 10 dengan 100 sitasi akan dieksklusi.

Rektor UGM, Panut Mulyono menuturkan bahwa UGM akan terus meningkatkan publikasi hasil-hasil penelitiannya melalui berbagai jurnal ilmiah bereputasi dan berbagai media komunikasi lainnya.
Selain itu, UGM juga berupaya agar hasil-hasil penelitian itu bisa dihilirkan menjadi produk-produk yang bernilai ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: 10 PTN Jurusan MIPA Terbaik Indonesia 2022 Versi THE WUR

"Kita berusaha agar dalam penelitian tidak hanya terfokus pada publikasi dan sitasi, tetapi hilirisasi hasil riset menjadi produk-produk yang bermanfaat bagi masyarakat luas merupakan hal yang harus terus dilakukan," paparnya seperti dilansir dari laman UGM, Kamis (27/1/2022).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com