Kompas.com - 28/01/2022, 10:09 WIB

 

KOMPAS.com - Sebelum kamu memilih jurusan kuliah, ada baiknya kamu perlu mempertimbangkan kebutuhan dunia kerja di masa depan.

Hal itu agar kamu bisa terus eksis dalam bekerja dan tidak mudah tersingkir. Apalagi, saat ini dunia memasuki revolusi industri 4.0.

Revolusi industri 4.0 adalah upaya menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi informasi yang akan berdampak pada pengurangan keterlibatan tenaga manusia dalam suatu pekerjaan.

Menurut Oxford Economics dan AS Cisco, perubahan tersebut bisa menghasilkan 28 juta jenis pekerjaan baru dalam dekade berikutnya.

Menurut temuan World Economic Forum dalam Future of Jobs Report 2020, perubahan pola kerja akan terjadi karena tenaga kerja otomatisasi meningkat lebih cepat dari perkiraan.

Revolusi robot menciptakan 97 juta pekerjaan baru, kemampuan berpikir analitis, kreativitas, dan fleksibilitas menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari.

Baca juga: 8 Jurusan Kuliah Ini Masa Depannya Cerah, Ada Pilihanmu?

Selanjutnya, World Economic Forum (WEF) juga memberikan prediksi tingginya permintaan untuk beberapa pekerjaan di masa depan. Jika dirangkum, maka pekerjaan yang disebutkan berkaitan dengan teknologi, internet, dan manajemen.

Lalu, agar tak ketinggalan, jurusan kuliah apa yang dibutuhkan di masa depan? Berikut rinciannya yang dilansir dari laman Brain Academy, Kamis (27/1/2022).

20 jurusan kuliah dibutuhkan di masa depan

1. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan yang menjanjikan pertama adalah jurusan Teknik Informatika. Mahasiswa jurusan kuliah ini dibentuk agar menjadi ahli dalam bidang teknologi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.