Rektor Unpad Ajak Alumni "Kembali ke Kampus", Jadi Inspirasi Mahasiswa Berkarier

Kompas.com - 31/01/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Rina Indiastuti berharap alumni kembali ke kampus untuk berkontribusi aktif dalam meningkatkan kualitas lulusan Unpad.

Alumni sukses dan berkualitas, lanjut dia, dapat menjadi inspirasi untuk mahasiswa agar dapat menjadi generasi penerus berkualitas.

Hal ini didukung dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi media bagi alumni dalam membimbing dan mendukung juniornya untuk bersama meniti karier di masa depan.

Dukungan alumni dinilai Rina sangat diperlukan dalam mencapai target SDM unggul Indonesia di tahun 2045.

Baca juga: Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Mahasiswa Unpad Jelaskan Caranya

“Kami berharap alumni bisa ikut berkontribusi. Banyak hal, gagasan, jejaring atau ide kreatif lain dari para alumni yang sangat kami nantikan,” ungkap Rektor saat memberikan paparan kunci pada acara “Psychology Alumni Campus Engagement (PACE)”, seperti dilansir dari laman Unpad.

Ia mengatakan, Unpad memiliki banyak alumni berkarier di berbagai posisi penting. Untuk itu, Rektor mengajak alumni ikut serta menebarkan manfaat lebih luas membantu meyakinkan bahwa lulusan Unpad adalah lulusan berkualitas.

Rektor membuka lebar alumni untuk kembali ke kampus. Berbagai inspirasi, nostalgia, dan pengalaman di dunia kerja dapat dibagi kepada juniornya di kampus. Hal ini disebabkan, kemampuan akademik saja tidak cukup menjadikan lulusan Unpad menjadi SDM berkualitas.

“Kami mengedepankan pentingnya karakter empati dan soft skill. Dengan demikian, akang teteh alumni dapat menjadi narasumber bagi kami,” tuturnya.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Lebih lanjut Rektor mengatakan, dalam mencapai target masuk 500 perguruan tinggi terbaik dunia, kontribusi alumni juga diperlukan. Peran serta universitas dan alumni dalam meningkatkan kualitas dan reputasi akademik terus dikomitmenkan oleh Unpad. Kualitas akademik yang baik akan menjadi jaminan mutu bagi alumni Unpad di manapun mereka berada.

“Karena itu, perluasan jejaring menjadi kunci. Alumni menjadi jejaring potensial yang dimiliki Unpad,” kata Rektor.

Dalam mendukung “kembali ke kampus”, Unpad memberikan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan alumni. Alumni dapat memanfaatkan fasilitas e-library maupun perpustakaan fisik di Pusat Pengelolaan Pengetahuan, informasi karier dan tracer study, hingga Massive Open Online Course (MOOC) yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajar sepanjang hayat.

Rektor juga menawarkan kontribusi alumni bagi pengembangan kampus berkelanjutan Unpad melalui program Dana Abadi Padjadjaran.

“Kami berharap alumni bisa ikut berkontribusi. Tidak hanya dari segi moneter. Banyak gagasan dan ide kreatif lain yang bisa dibagi kepada kami,” kata Rektor.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 6,7 Juta Per Bulan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.