Kompas.com - 08/02/2022, 17:09 WIB

KOMPAS.com - Era Revolusi Industri 4.0 merupakan masa yang menitikberatkan pada otomatisasi serta kolaborasi antara teknologi siber.

Salah satu teknologi di era revolusi industri 4.0 adalah Big Data. Big Data sendiri telah digunakan pada banyak bisnis dan dapat membantu sebuah perusahaan menentukan arah bisnisnya.

Sejumlah perusahaan dan lini industri besar kini tengah menggunakan ilmu data untuk melakukan beberapa tugas yang membutuhkan analitik kuat dan juga prediksi untuk mengembangkan inovasi.

Guna meningkatkan daya saing di era Revolusi Industri 4.0, mahasiswa diharapkan untuk lebih proaktif belajar dan mendalami terkait ilmu data. Hal ini, sejalan dengan semakin bertambahnya beberapa program jurusan perkuliahan di Indonesia yang menghubungkan mata kuliah dengan kompetensi data-driven.

Baca juga: 8 Kampus Terbaik Indonesia 2022 yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

Belum lama ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, mengatakan ada tiga bidang matematika yang wajib dikuasai oleh para siswa.

Ketiganya adalah statistik, peluang (probabilitas) dan data. Nadiem menyampaikan hal tersebut di hadapan para siswa saat kunjungan ke salah satu sekolah yang ia unggah di laman Instagram @nadiemmakarim, pada Senin (7/2/2022).

Menurut Nadiem, ketiga bidang yang dipelajari dalam matematika tersebut akan membantu siswa dalam menghadapi masa depan, apapun profesi yang dijalaninya. Dia pun berpesan kepada para siswa untuk menekuni bidang tersebut.

Ia mengatakan, selama siswa tahu data, statistik dan probability maka segala hal bisa terasa mudah.

"Asal tahu data, tahu statistik, tahu probability, nggak bisa dibohongin kita. Kita nggak bisa dibohongin kalau baca sesuatu. Ada artikel nggak jelas, ngibulin kita, kalau kita tahu statistik, kita tahu data, kita bisa langsung lihat, 'ini nih pasti salah', 'ini ngaco nih'. Jadi, tolong itu ditekuni," jelasnya.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Berikut jurusan yang lulusannya paling diincar di era 4.0, dilansir dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.