Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokasi UI Buka Layanan Fisioterapi dan Terapi Okupasi untuk Umum

Kompas.com - 09/02/2022, 18:40 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) baru saja meresmikan Vocation Wellness Center (VWC) yang merupakan pusat layanan kesehatan yang berfokus pada fisioterapi dan okupasi terapi. Layanan ini diperuntukkan bagi warga UI serta masyarakat umum.

Pelayanan kesehatan yang diberikan di VWC meliputi terapi wicara, akupunktur, sensori integrasi, baby massage, snoezelen/terapi relaksasi, serta pelayanan terapi lainnya.

Kepala VWC, Aditya Denny Pratama menyampaikan beberapa keluhan pasien yang sering muncul di masa pandemi, seperti gangguan saraf, gangguan tulang, gangguan otot, dan lainnya, yang dapat terjadi pada siapapun.

“Pelayanan kesehatan dari VWC tidak terbatas hanya pada pasien dewasa saja, melainkan juga pada pasien anak-anak, misalnya, keluhan seperti pre-school readiness, gangguan tumbuh kembang anak, komunikasi dan interaksi sosial anak, serta keluhan lainnya,” ujar Denny.

Baca juga: Beasiswa S1 Uni Emirat Arab 2022 Dibuka: Kuliah Gratis, Tunjangan Penuh

Pelayanan di VWC, lanjut dia, diberikan oleh para tenaga profesional di bidangnya masing-masing, yakni dari para dosen di program studi Fisioterapi dan Terapi Okupasi di Program Pendidikan Vokasi UI.

Selain menjadi tempat pelayanan kesehatan di bidang terapi, VWC juga menjadi wadah pembelajaran bagi para mahasiswa Fisioterapi dan Okupasi Terapi, Vokasi UI.

Saat ini, VWC bekerja sama dengan komunitas Rumah Cerebral Palsy, yakni komunitas para orangtua yang memiliki anak pengidap lumpuh otak (Cerebral palsy).

Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kontribusi nyata Vokasi UI, yakni dengan memberikan layanan terapi secara gratis untuk para pasien dari komunitas tersebut.

Dalam satu hari, VWC bisa menerima pasien dari Rumah Cerebral Palsy sebanyak 4 sampai 5 pasien.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono memberikan dukungan penuh atas beroperasinya VWC.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

“Saya berharap pelayanan kesehatan yang diberikan akan semakin meningkat dan terus bertambah agar para masyarakat juga dapat menerima manfaat pelayanan kesehatan yang baik dari Vocation Wellness Center,” kata Padang.

Selama kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan layanan kesehatan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan arahan dari pemerintah.

Bagi pasien yang ingin terapi dapat mendaftarkan diri melalui tautan bit.ly/DaftarKonsulVWC.

Kemudian, pasien akan dihubungi untuk konfirmasi jadwal konsultasi dan asesmen.

Setelah itu, pasien akan diminta untuk hadir sesuai jadwal konsultasi/asesmen yang sebelumnya telah disepakati dan pasien akan mendapatkan program terapi dari tenaga profesional sesuai dengan kebutuhannya.

Vocation Wellness Center berlokasi di Ruang 104 Lantai 1, Gedung C, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Kampus UI Depok.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com