Kompas.com - 10/02/2022, 10:22 WIB

KOMPAS.com - Langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus merupakan impian sejumlah lulusan baru (fresh graduate). Meski di tengah pandemi, langsung bekerja setelah lulus bukan hal mustahil.

Dengan sejumlah langkah, lulusan baru bisa mendapatkan penawaran kerja. Hal ini dibahas oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Kemnaker memberikan 10 tips bagaimana meraih pekerjaan setelah lulus kuliah. Dengan semangat, usaha termasuk doa, segera wujudkan impian untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.

"Berikut tips untuk Rekanaker yang baru lulus kuliah agar cepat mendapat pekerjaan, Semangat ya Rekanaker!" tulis Kemnaker melalui akun Instagram resmi, Kamis (10/2/2022).

Baca juga: Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan, Ini Tips Jalani Hobi bagi Mahasiswa

1. Mengikuti kegiatan magang, organisasi ataupun menjadi freelencer

Ada banyak perusahaan yang kini membuka kesempatan magang. Melalui magang, kamu dapat berkenalan langsung dengan pihak HRD maupun user. Bila menunjukkan kinerja baik, sangat mungkin peserta magang direkrut menjadi pegawai.

2. Menjalin relasi dengan alumni

Pekerjaan bisa datang dari alumni yang sudah dulu terjun ke dunia kerja. Bisa jadi, sejumlah alumni telah menduduki jabatan tertentu yang dapat membantu kamu mendapatkan informasi lowongan kerja lebih cepat dari yang disiarkan perusahaan.

3. Perluas koneksi

Koneksi dapat diperluas dengan magang, relasi alumni, hingga mengikuti kelas online untuk meningkatkan skill. Jangan menutup diri setelah lulus, saatnya mengenal lebih banyak orang baru.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

4. Membuat prioritas pekerjaan

Buat prioritas aktivitas harian, semisal membuat target untuk mengirim CV ke minimal 3 perusahaan setiap hari, meningkatkan skill melalui pelatihan online, sehingga kamu tetap produktif dan semangat.

5. Mencari dan mengikuti job fair

Job fair kini semakin banyak pilihan, baik luring maupun daring. Kamu bisa mencoba beragam job fair dan perusahaan berbeda sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki.

6. Perbarui email menjadi lebih profesional

Gunakan email dengan nama asli agar profesional. Pastikan kamu rutin mengecek email untuk mengetahui apakah ada informasi terkait balasan HRD atau jadwal wawancara kerja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.