Kompas.com - 12/02/2022, 07:07 WIB
|

KOMPAS.com - Belakangan ini, bidang bisnis digital banyak dibicarakan masyarakat. Tentu, semua terjadi karena adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua dekat dengan dunia digital.

Ketika ekonomi melambat akibat pandemi Covid-19, industri e-commerce kian melesat. Pertumbuhan ekonomi digital itu tidak terlepas dari banyaknya pengguna internet aktif di Indonesia.

Dari potensi itu tentu dapat membuka berbagai peluang bisnis baru memakai format digital dengan skala yang beraneka ragam.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah untuk Anak SMK Berikut Prospek Kerjanya

Bagi calon mahasiswa yang tertarik berkarir di bidang ekonomi digital, ada baiknya jika kamu juga mengambil kuliah dengan program yang sangat relevan dengan ekonomi digital, yaitu Jurusan Bisnis Digital.

Prospek kerja Jurusan Bisnis Digital

Lantas, apa prospek kerja Jurusan Bisnis Digital? Melansir laman Quipper, ini 10 daftar prospek kerja Jurusan Bisnis Digital:

1. Konsultan bisnis

Konsultan bisnis adalah seorang ahli atau profesional yang bertugas memberikan saran atau nasihat kepada pelaku bisnis, lembaga, atau perusahaan yang berhubungan dengan kegiatan bisnis yang dilaksanakan.

Seorang konsultan bisnis juga turut membantu klien dalam mengidentifikasi masalah-masalah yang ada, merumuskan solusi, serta mendampingi klien dalam membuat perencanaan bisnis.

2. Technopreneur

Technopreneur adalah sebutan untuk pelaku usaha di bidang teknologi. Syarat utama menjadi seorang technopreneur adalah paham terhadap perkembangan teknologi dan mampu melahirkan inovasi dan terobosan di bidang teknologi.

Menjadi technopreneur bukan semata-mata harus mampu membuat produk teknologi. Namun, technopreneur juga perlu memiliki pemahaman terhadap kebutuhan teknologi atas suatu keadaan dan situasi.

Baca juga: Ini 5 Jurusan Kuliah yang Suka Traveling

3. Pebisnis online

Pebisnis online adalah individu atau kelompok yang menjalankan bisnisnya secara online (bisnis online). Profesi ini merupakan keberlanjutan dari kegiatan bisnis konvensional yang sudah ada sejak lama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.