Kompas.com - 12/02/2022, 07:24 WIB

KOMPAS.com - Alergi bisa terjadi pada siapa saja. Namun hingga saat ini belum jelas mengapa alergi dapat terjadi. Namun kebanyakan kasus alergi terjadi karena faktor keturunan.

Salah satu jenis alergi yang kerap diderita seseorang adalah alergi terhadap makanan. Alergi makanan bisa terjadi pada anak, terutama anak-anak di bawah usia dua tahun.

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Terapung Kstaria Airlangga (RSTKA) Universitas Airlangga (Unair) Zahrah Hikmah mengatakan, alergi makanan merupakan salah satu alergi yang sulit ditangani oleh ahli alergi sekalipun.

Menurut dia, saat ini selain insiden alergi meningkat. Ternyata pengetahuan tentang alergi makanan juga berkembang pesat di media sosial.

Baca juga: BBPOM Jakarta Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3-S1, Buruan Daftar

Reaksi sistem imun terhadap makanan tertentu

Dia menerangkan, di media sosial banyak informasi yang membahas tentang alergi makanan, apa yang harus dilakukan hingga prosedur yang harus dilalui.

"Tetapi dari semua yang ditulis di media sosial ternyata sebagian besar itu tidak jelas sumbernya," kata dr Zahrah seperti dikutip dari laman Unair, Sabtu (12/2/2022).

Zahrah menjelaskan, alergi makanan terjadi apabila sistem imun seseorang bereaksi terhadap makanan tertentu. Namun hal tersebut tidak terjadi pada individu yang lain.

Individu yang mengalami alergi tersebut disebut sebagai individu yang memiliki bakat atopi.

"Atopi adalah secara genetik seseorang mempunyai kecenderungan untuk menderita alergi. Sedangkan apa yang disebut dengan penyebab dari alergi atau alergen adalah bahan makanan yang bisa mencetuskan kejadian alergi," terang Zahrah.

Baca juga: Tanpa Tes, Universitas Pertamina Buka Jalur Seleksi Nilai Rapor

ASI eksklusif bisa cegah alergi

Dia mengungkapkan, alergi sebenarnya dapat dicegah. Pencegahan alergi tersebut dapat dilakukan dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI) ekslusif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.