Kompas.com - 14/02/2022, 14:57 WIB

KOMPAS.com - Adanya pandemi Covid-19 saat ini juga berpengaruh terhadap pembukaan lapangan pekerjaan.

Para calon lulusan pada era revolusi industri 4.0 memerlukan keterampilan yang relevan dengan perkembangan zaman saat ini. Terlebih kondisi pandemi juga memaksa banyaknya perubahan di berbagai sektor pekerjaan dan penerimaan kerja.

Dalam webinar yang diadakan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) membagikan tips mencari kerja di masa pandemi Covid-19 dengan menghadirkan beberapa pembicara.

Perwakilan dari Lembaga Pengembangan Pemelajaran dan Karier (LPPK) Unpar Dewiyani menyampaikan, berdasarkan survey Exit Study 2021 di Unpar, hasilnya 22 persen mahasiswa yang diterima kerja adalah melalui relasi.

Baca juga: Perusahaan Sawit Ini Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1, Ayo Daftar

Aktif berorganisasi dan cari banyak relasi saat kuliah

Sebanyak 40 persen diantaranya berasal dari relasi orang tua, saudara, atau keluarga dan sebesar 39 persen berasal dari teman atau alumni.

"Makanya kenapa, teman-teman juga banyak diajak untuk berkoneksi dengan banyak orang pada saat kuliah. Aktif berorganisasi, karena dengan keaktifan itu anda punya banyak relasi yang mungkin akan membantu teman-teman dalam proses pencarian kerja," papar Dewiyani seperti dikutip dari laman Unpar, Senin (14/2/2022).

Selain relasi, pencarian kerja juga banyak melalui media cetak atau online yang mudah didapat.

Dewiyani mengatakan, para pelamar kerja harus memperhatikan informasi atau kontak, tata bahasa, website, nama perusahaan, dan lokasi kerja apabila menemukan lowongan kerja lewat iklan supaya tidak terjerat lowongan palsu.

"Biasanya lowongan palsu itu menyasar ada unsur psikologisnya. Jadi menyasar euforia atau kegembiraan yang amat sangat dari seseorang ketika misalnya dihubungi oleh perusahaan besar," tutur Dewiyani.

Baca juga: Dibuka Pukul 15.00 WIB, Ini Daftar PTN dan Politeknik di SNMPTN 2022

Tips mencari kerja saat pandemi Covid-19

Untuk mengatasi sedikitnya kesempatan untuk bekerja di masa pandemi Covid-19, Dewiyani menjelaskan beberapa hal yang dapat dilakukan, diantaranya:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.