Kompas.com - 15/02/2022, 14:51 WIB

KOMPAS.com - Camilan kerap menjadi "teman" saat bekerja dari rumah atau kuliah daring. Hanya saja, camilan sering dianggap "musuh" karena dapat merusak program diet.

Tidak sedikit orang yang mengaku gagal karena godaan untuk ngemil atau makan makanan ringan. Padahal, jika jenis camilan yang dipilih tepat, ngemil tak akan menggagalkan diet.

Oleh karena itu, memilih camilan sehat untuk memuaskan keinginan ngemil namun tetap bisa menjaga berat badan ideal perlu dilakukan. Salah satu camilan yang bisa dicoba adalah UNYBar yang merupakan snack bar buatan UNY.

Komposisi UNYBar meliputi tempe, emping jagung, glukosa, gula pasir, cabai, jahe, margarin, jeruk nipis dan wijen. Teksturnya lembut, renyah dan empuk karena ditambahkan bihun jagung.

Baca juga: Sea Buka Beasiswa Penuh 2022 di UI, UGM, ITB, IPB, Binus, IT Del

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY, Prof. Siswantoyo mengatakan produk ini merupakan salah satu karya dari pusat unggulan iptek lumbung inovasi dalam rangka menyongsong UNY menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum.

“Tersedia dalam rasa susu, cokelat, pisang, strawberry, vanilla dan anggur” kata Siswantoyo dalam siaran pers UNY.

Dikatakannya bahwa UNYBar mengandung 130 kkal kalori, 6 gram lemak, 3,5 gram protein, 3 gram serat dan 16 gram karbohidrat yang dijual dengan harga Rp. 4.500, jauh lebih rendah daripada snack bar lainnya.

Ia mengungkapkan bahwa snack bar UNY ini masih dapat dikembangkan tergantung pangsa pasar yang dibidik. Misalnya, akan meraih pangsa pasar penderita diabetes maka kandungan protein akan ditingkatkan, sedangkan untuk membidik pasar atlet atau lansia maka akan berkonsentrasi pada seratnya.

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran S1 Militer 2022, Kuliah Gratis

Saat ini, UNYbar telah diuji coba pada masyarakat umum untuk dapat diterima pasar sekaligus 30 orang ahli makanan yang memberikan rekomendasi bisa diterima pasar.

Siswantoyo mengungkapkan bahwa UNYBar ini dicoba disimpan dan bertahan selama satu tahun lebih tanpa perubahan rasa dan masih enak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.