Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Ini Klasifikasi Jalan Menurut Fungsi dan Statusnya

Kompas.com - 16/02/2022, 15:11 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap jalan ternyata ada fungsi dan jenisnya. Misalnya saja jalan arteri yang merupakan jalan umum dan berfungsi melayani angkutan utama.

Apa itu jalan? Apakah siswa yang masih sekolah sudah paham? Melansir laman Repositori Kemendikbud Ristek, jalan adalah prasarana transportasi darat.

Tentu yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel.

Baca juga: Siswa, Yuk Belajar 5 Jenis Jembatan

Klasifikasi jalan menurut fungsinya

Berikut ini penjelasan klasifikasi jalan menurut fungsinya:

1. Jalan arteri

Jalan arteri merupakan jalan umum yang berfungsi melayani angkutan utama dengan ciri perjalanan jarak jauh, kecepatan rata-rata tinggi, dan jumlah jalan masuk dibatasi secara berdaya guna.

2. Jalan kolektor

Jalan kolektor merupakan jalan umum yang berfungsi melayani angkutan pengumpul atau pembagi dengan ciri perjalanan jarak sedang, kecepatan rata-rata sedang, dan jumlah jalan masuk dibatasi.

3. Jalan lokal

Jalan lokal merupakan jalan umum yang berfungsi melayani angkutan setempat dengan ciri perjalanan jarak dekat, kecepatan rata-rata rendah, dan jumlah jalan masuk tidak dibatasi.

Baca juga: Siswa, Ini 3 Pahlawan Nasional dari Aceh

4. Jalan lingkungan

Jalan lingkungan merupakan jalan umum yang berfungsi melayani angkutan lingkungan dengan ciri perjalanan jarak dekat, dan kecepatan rata-rata rendah.

Klasifikasi jalan menurut statusnya

1. Jalan nasional

Jalan nasional adalah jalan arteri dan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antar ibukota provinsi, dan jalan strategis nasional, serta jalan tol.

2. Jalan provinsi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com