Kompas.com - 06/08/2021, 17:38 WIB
Jembatan Suropadan terletak di Desa Suropadan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dengan panjang 90 meter dan lebar 2,5 meter. Keberadaan Jembatan Gantung Suropadan menghubungkan Desa Suropadan di Kecamatan Pringsurat, Temanggung, ke Desa Kalikuto di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Kedua wilayah yang dipisahkan Sungai Elo.
Dok. Humas Ditjen Bina Marga Kemen PUPRJembatan Suropadan terletak di Desa Suropadan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dengan panjang 90 meter dan lebar 2,5 meter. Keberadaan Jembatan Gantung Suropadan menghubungkan Desa Suropadan di Kecamatan Pringsurat, Temanggung, ke Desa Kalikuto di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Kedua wilayah yang dipisahkan Sungai Elo.
|

KOMPAS.com - Setiap kali kita melakukan perjalanan pasti melewati jembatan. Ada yang terbuat dari kayu, beton, besi, dan lain-lain.

Bagi siswa sekolah, apakah sudah paham jenis-jenis jembatan? Jika belum, maka yuk kita belajar mengenai berbagai jenis jembatan.

Malansir laman Kemendikbud Ristek, jembatan yang ada saat ini dapat dikelompokkan menjadi berbagai jenis tergantung dasar pengelompokkannya.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Berdasarkan bahan bangunan utamanya, jembatan dapat dikelompokkan menjadi jembatan kayu, pasangan batu dan batu bata, beton bertulang, baja, dan komposit.

1. Jembatan Kayu

Jembatan kayu merupakan jembatan yang berbahan kayu. Jembatan ini biasanya mempunyai panjang relatif pendek dengan beban yang diterima relatif ringan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun terlihat sederhana, proses pembuatan struktur jembatan kayu harus memerhatikan dan mempertimbangkan ilmu gaya (mekanika) agar jembatan yang dibuat menjadi lebih kokoh.

2. Jembatan Pasangan Batu dan Batu Bata

Jembatan pasangan batu dan bata merupakan jembatan yang konstruksi utamanya terbuat dari batu dan bata.

Untuk membuat jembatan dengan batu dan bata, konstruksi jembatan umumnya dibuat melengkung. Namun sayangnya, seiring perkembangan zaman jembatan ini sudah tidak digunakan lagi.

Baca juga: Siswa, Ini Fungsi Telinga dan Bagian-bagiannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.