Kompas.com - 18/02/2022, 06:17 WIB
|

KOMPAS.com - Hingga kini, kanker masih jadi penyakit yang menakutkan. Tak hanya orang dewasa, tetapi anak-anak juga banyak yang mengidap penyakit kanker.

Menurut dr. Pudjo Hagung Widjajanto, Ph.D, Sp.A(K)., selaku Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Anak, FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM), bahkan anak dan bayi yang baru beberapa hari hidup di dunia juga bisa mengidap kanker.

Karena itu, penting sekali masyarakat memahami penyakit kanker, terlebih kanker pada anak. Bagi orangtua harus dapat mengenali sejak dini.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Cegah Stroke

Bisa mengancam segala usia

Kanker adalah suatu keadaan penyakit yang bisa mengancam segala umur. Ia bisa mengenai siapapun dari berbagai kalangan. Tren menunjukkan bahwa kanker adalah penyakit yang akan kita hadapi di masa yang akan datang.

"Sehingga mengenali kanker sifatnya mutlak agar pengobatannya bisa menjadi lebih optimal. Karena konsepnya semakin awal diawali maka harapannya akan semakin tinggi untuk penyembuhannya," ujarnya dikutip dari laman UGM, Kamis (16/2/2022).

Ia juga menjelaskan, pada dasarnya kanker pada anak memiliki perbedaan dengan kanker dari orang dewasa.

Kanker pada orang dewasa banyak dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat seperti rokok, alkohol, dan tentunya orang dewasa lebih lama hidup sehingga paparan terhadap unsur yang bersifat patogenik atau karsinogenik lebih besar.

Sedangkan pada anak umumnya disebabkan kelainan di dalam tubuh yang menghasilkan terjadinya kanker atau bersifat bawaan. Persamaannya adalah dalam hal pengertian, yaitu pertambahan jumlah tidak terkendali dari sel tubuh yang telah berubah sifatnya menjadi sel kanker.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Yuk Mengenal Lebih Dekat Vaksin Booster

Gejala kanker pada anak

Tanda dan gejala kanker pada anak menurut Pudjo sudah diterbitkan dengan baik oleh Kementerian Kesehatan RI melalui poster. Gejala kanker diantaranya adalah:

1. Pertama sakit kepada yang menetap atau berat dan muntah (biasa terjadi pada pagi hari atau dapat memburuk dari hari ke hari).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.